021-756-757-62 [email protected]

Wisata Tambolaka Sumba Barat didominasi oleh keindahan alam yang cantik dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Tambolaka sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumba Barat Daya. Keindahan alam yang masih sangat alami dan memukau menjadi daya tarik wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini.

[TheChamp-Sharing]

Lihat juga artikel lainnya tentang wisata Sumba

Sejarah kota Tambolaka

 

Dahulu Sumba menerapkan sebuah sistem pemerintahan tradisional yang disebut kampung besar atau paraingu. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berdatangan ke tambolaka sumba dan membuat kelompok klan berdasarkan ikatan darah serta marapu yang di sembah. Marapu sendiri merupakan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Sumba dengan melakukan pemujaan atau menyembah para leluhur dan nenek moyang. Kelompok-kelompok masyarakat ini disebut kabihu. Banyak kabihu yang pada akhirnya berkumpul dengan wilayah lain yang jauh lebih mandiri.

Namun kedatangan Belanda ke Indonesia merusak sistem paraingu tersebut dan merubahnya menjadi sistem kerajaan dengan tujuan untuk menguasai wilayah sumba.

 

Rute menuju destinasi wisata cantik di Tambolaka

 

ntuk sampai di Tambolaka, wisatawan dari luar pulau atau luar negeri bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Tambolaka. Jika sebelumnya bandara hanya bisa menampung pesawat-pesawat kecil jenis twinn otter dan DC-3, kini Bandara Tambolaka sudah berkembang dan bisa menampung pesawat besar. Maskapai yang biasanya berlalu lalang di bandara ini adalah Trans Nusa, Wings Air dan Garuda Indonesia.

Dari bandara, kamu bisa menuju ke pusat kota menggunakan travel yang bertarif Rp. 50.000 atau menyewa mobil dengan tarif Rp. 200.000 /per sekali jalan. Jika ingin menyewa mobil satu hari penuh, kamu akan dikenakan tarif Rp.500.000. Selain itu, kamu juga bisa menyewa motor dengan pengemudinya dan dikenakan tarif Rp. 50.000 /per sekali jalan.

Salah satu destinasi wisata cantik yang harus dikunjungi di sumba tambolaka adalah Laguna Weekuri. Untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan waktu berkendara selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Tambolaka karena letaknya yang berada di utara Kodi. Laguna Weekuri juga disebut dengan danau malaikat. Danau ini memiliki air yang baru dan akan berubah menjadi warna keemasan saat terpantul cahaya matahari tenggelam. Laguna ini memiliki jarak sekitar 20 meter dari laut yang dipisahkan tebing. Laguna Weekuri memiliki air yang pasang surut dan berdasar pasir. Cobalah untuk berenang atau hanya duduk-duduk santai di bawah pohon rindang sambil mencelupkan kaki ke air danau, kamu akan menyaksikan keindahan alam yang sangat memukau.

Mengunjungi desa tradisional Ratenggaro adalah pilihan selanjutnya. Desa ini merupakan salah satu tempat di pulau ini yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan rumah tradisional beratap unik setinggi 25 meter. Desa tradisional Ratenggaro berjarak sekitar 50 km dari arah barat daya Waitabula. Untuk sampai kesini kamu bisa menggunakan bus ke Bondokodi atau menyewa ojek.

Atap tinggi yang ada pada rumah tradisional dibangun dengan maksud untuk menghormati roh leluhur. Seperti diketahui masyarakat sumba menganut kepercayaan marapu yang memuja para leluhur. Ada bonus yang kamu dapatkan jika datang ke desa ini yaitu adanya pantai tersembunyi dengan air yang jernih dan gulungan ombak panjang. Pantai ini cocok digunakan untuk berselancar. Tidak jauh dari pantai, kamu juga akan menemukan beberapa makam Megalitik yang sudah ada sejak 4500 tahun silam.

Masih ada beberapa wisata cantik lainnya yang bisa dikunjungi di Tambolaka. Kamu bisa mengeksplorasinya langsung dengan cara datang ke Wisata Tambolaka Sumba Barat.

 

 

Tags:
tour sumba | travel ke sumba | sumba trip | paket wisata sumba | paket tour sumba | open trip sumba | sewa mobil di sumba | nihiwatu | sumba island | sumba timur | sumba barat

Reference:
Pulau Sumba, Wikipedia
Sumba Travel, Lonelyplanet
Sumba, Tripadvisor
Sumba, Wikitravel

[TheChamp-Sharing]