candi prmabanan

Yogyakarta

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja meruakan sebuah Provinsi di Indonesia yang diberi nama Daerah Istimewa Yogyakarta. Jogja merupakan salah satu Provinsi yang menjadi tujuan Wisata oleh banyak orang di seluruh Indonesia hingga mancanegara. Keindahan alam Jogja serta budayanya yang sangat kental dan santun membuat banyak wisatawan terus ingin berkunjung ke kota ini. Jogja juga terkenal dengan wisata kulinernya, salah satu kuliner khas jogja yang paling dikenal adalah Gudeg. Selain Wisata Kuliner Jogja juga memiliki banyak candi yang menjadi tujuan wisata seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Dalam Artikel kali ini kita akan menuliskan bagaimana Keindahan Candi Prambanan. Yuk di simak Wisata ke Candi Prambanan Jogja.

 

Lihat juga: Paket Wisata Pulau Komodo

Wisata Ke Candi Prambanan Jogja

 

Candi Prambanan

candi prmabananCandi Prambanan adalah candi Hindu yang merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Prambanan memiliki tinggi menjulang keatas setinggi 47 Meter. Ketinggian dan arsitektur Candi Prambanan membuat Candi ini semakin cantik dipandang. Candi Prambanan berdiri telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area Candi ini sekarang telah dibangun sebuah taman yang indah.

 

Sejarah Candi Prambanan

candi prambananAda sebuah Legenda yang telah diceritakan setara turun menurun teng candi ini. Yaitu berceritakan tentang lelaki yang bernama Bandung Bondowos yang mencintai seorang gadis bernama Roro Jonggrang. Karena sang gadis yaitu Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, maka Roro Jonggrang pun meminta agar Bandung Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam satu malam. Permintaan itupun hampir terwujud oleh Bandung Bondowoso sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Merasa di Curangi akhirnya Bandung Bondowoso yang telah membuat 999 arca mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi arca yang ke 1000. Candi Prambanan sendiri ditmukan Pada tahun 1733, candi ini ditemukan oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda. Candi ini menarik perhatian dunia ketika pada masa pendudukan Britania atas Jawa. Ketika itu Colin Mackenzie, seorang surveyor bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini.

 

Candi Utama di Prambanan

Candi Prambanan memiliki 3 Candi Utama yang terletak di Halaman utama Komplek Candi ini. Candi itu adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa etiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

 

Candi Siwa

Memasuki Candi Siwa yang terletak di tengah dan memiliki bangunan yang paling tinggi kamu akan menemui 4 Ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan sebgai Arca ke 1000 dari permintaan Roro Jonggrang.

 

Candi Wisnu

Candi Wisnu terletak di sebelah utara Candi Siwa. Di Candi Wisnu kamu hanya akan menjumpai satu ruangan saja. Ruangan Tersebut berisikan Arca Wisn namun Candi Wisnu memiliki Candi pendamping yang paling memikat yaitu candi Garuda. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti ‘terbit’ atau ‘bersinar’, biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).

 

Candi Brahma

Saat kamu memasuki Candi Brahma kamu hanya akan menjumpai 1 buah ruangan saja seerti halnya di Candi Wisnu. Ruangan di Dalam Candi Brahma hanya berisikan sebuah arca yaitu Arca Brahma sendiri. Candi Brahma juga memiliki sebuah Candi Pendamping seperti Candi lainnya. Candi Brahma di dampingi oleh Candi Angsa.

 

Relief Candi Prambanan

candi prambananCandi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti ‘terbit’ atau ‘bersinar’, biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).

 

Follow: Facebook   Instagram