limbah-pabrik

Indonesia

laut-indonesiaIndonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau terbentang dari timur hingga ke ke barat. Indonesia sendiri merupakan negara yang 75% nya diisi oleh perairan luas. Tentu saja dalam hal ini Indonesia bisa dikatakan kaya akan biota laut dan perikanannya. Banyak pulau di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan pantainya. Namun sayang beberapa tahun belakangan ini perairan di Indonesia tercemar oleh limbah yang di buang ke daerah laut sehingga beberapa daerah terkena imbas dari limbah tersebut. Berikut Artikel Pencemaran Laut Indonesia.

 
Lihat juga: Paket Wisata Lombok

Pencemaran Laut Indonesia

 

Pengertian Pencemaran Laut

 

samapah-lautPencemaran Laut adalah suatu pencemaran yang measuk kedalam perairan laut bisa berupa zat ataupn sampah yag bisa terlihat oleh kasat mata. Zat atau Sampah yang disalurkan ke laut dapat membahayakan dan mengganggu ekosistem bawah lautnya. Pada beberapa kasus pencemaran yang ada di laut, sebagian terjadi karena bahan kimia yang berbahaya yang mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan keracunan dan kerusakan. Zat kimia ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata karena berbentuk kecil tetapi tetap berbahaya.

 

Dampak pencemaran laut

 

sampahDampak dari pencemaran laut yang disebabkan oleh bahan kimia. Bahan kimia tersebut dapat dimakan oleh plankton dan binatang lainnya. Karena beberapa zat tersebut dimakan oleh Plankton dan hewan-hewan lainnya dan akan tersebar hingga meluas karena saling mengkonsumsi di bawah laut. Hewan-hewan ini akan dimakan oleh manusia dan dapat membuat manusia keracunan. Hal ini tentu akan membahayakan banyak manusia dan kehidupan lainnya di bawah laut. Bukan hanya itu saja Pencemaran Lingkungalaut juga akan mengganggu kualitas dan kejernihan air laut. AirLaut Indonesia yang tadinya bersih, Bening, Bir nan indah dan mempesona menjadi kotor. Hal ini dapat mengurangi ketertarikan wisatawan asing untuk datang ke Indonesia tentu kurangnya wisatawan akan mempengaruhi devisa negara juga.

 

Penyebab Pencemaran Lingkungan

 

limbah-pabrikLingkungan Laut dapat mengalami pencemaran yang disebabkan oleh beberapa hal. Penyebabnya bisa berupa pembuangan limbah pabrik dan limbah rumah tangga, cairan bahan bakar seperti oli dan solar, Polusi kebisingan dan pencemaran udara yang relatif tinggi. Sebab tingginya pencemaran lingkungan adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam memngolah sampah dan limbah. Air Laut Indonesia sendiri sudah 70% tercemar dan pencemaran ini disebabka oleh sampah plastik sisa masyarakat.

Menurut hasil penelitian tim peneliti dari Australia dan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Dr. Jenna Jambeck, dosen Universitas Georgia, yang diterbitkan di Jurnal Science, sekitar 275 juta ton meter sampah dihasilkan pada tahun 2010 di seluruh dunia. Sebanyak 4,8 hingga 12,7 juta meter ton sampah dari botol plastik, bungkus plastik dan sampah plastik jenis lainnya, hanyut ke laut dan mencemari laut.

Indonesia sendiri termasuk ke dalam lima negara kontibutor – urutan ke empat – pencemar sampah plastik tertinggi selain China, Filipina, Vietnam dan Thailand. Masih menurut penelitian tersebut, dinyatakan bahwa masyarakat pesisir dunia menghasilkan sekitar 3,22 juta ton meter sampah plastik yang tidak terkelola pada tahun 2010. Dari jumlah tersebut, sebanyak 0,48 juta hingga 1,29 juta ton meter hanyut ke laut, menjadi pencemaran laut.

 

Penyebab pencemaran Laut di Indonesia

 

1. Sampah dan Limbah dari Masyarakat

botol-sampahSeperti yang dikatakan diatas Indnesia merupakan negara ke 4 yang menyumbang samopah plastik terbanyak di Dunia. Tentu hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang menjadi faktor pertama timbulnya mmasalah pencemaran ini.

 

2. Kegiatan Perminyakan

limbaah-pabrikBocornya pipa minyak atau kilang minyak. Kebocoran pipa minyak akan memberikan masalah serius bagi manusia dan ekosistem laut. kita bisa lihat contohnya saja pencemaran laut dan pantai yang diakibatkan bocornya pipa minyak di Cilacap pada bulan Mei 2015. Dalam Kasus ini laut tercemar sehingga banyak ikan yang mati dan nelayan kehilangan pendapatan akibat pencemaran ini.

 

3. Penggunaan Pestisida

Penyebab pencemaran laut di Indonesia lainnya adalah penggunaan pestisida. Pencemaran laut di Indonesia yang berasal dari penggunaan pestisida biasanya berasal dari sektor pertanian atau perkebunan. Pestisida yang mengandung senyawa DDT ini akan terbawa ke sungai, kemudian mengalir hingga ke lautan. Pestisida yang bersifat racun ini akan mempengaruhi sistem syaraf makhluk hidup, misalnya biota laut. Kemudian senyawa yang berasal dari DDT tersebut akan mengubah perilaku ikan dan menghambat perkembangan telur, serta membunuh satwa-satwa laut.

 

Upaya Pencegahan dan pengurangan pencemaran Lingkungan Laut

 

Dalam hal ini akan banyak orang yang terlibat untuk mengurangi pencemaran lingkungan laut. salah satu yang harusdilakuka adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Bukan hanya pengelolaan sampah tapi juga memberikan arahan dalam berprilaku sehari-hari agar tidak merusak ala sekitar.
Memberikan pembelajaran terhadap nelayan agar lebih berhati hati dalam pengisian bahan bakar dilaut dan pengecekan keadaan dan kualitas mesin nya untuk mengurangi kebocoran minyak saat di perjalanan menuju laut.
Upaya lainnya yang diharapkan kepada nelayan adalah ikut serta dalam melestarikan dan menjaga lingkungan laut dengancara penangkapan tanpa racun, bom dan pukat harimau karena akan merusak ekosistem laut
bertindak tegas dan memberikan arahanterhadap perushaan/pabrik agar tidak membuang limbah sembarangandan memberikan sanksi tegas terhadap pelanggar. Dalam hal ini pemerintah harus lebih ekstra mengawasi kinerja pabrik agar tidak kecolongan dalam pembuangan limbah.

 
Follow: Facebook   Instagram