segitiga-terumbu-karang

Indonesia

Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu memiliki perairan yang amat luas. Perairan/Laut Indonesia memiliki luas 3,1 juta km² dan terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Perairan Indonesia yang luas tentu memiliki keanekaragaman yang sangat luar biasa. Keindahan Perairan Indonesia yang masuk kedalam Segitiga Terumbu Karang Dunia bersama Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Timor Leste. Segitiga Terumbu Karang dunia ini merupakan kawasan yang memiliki terumbu karang yang sangat indah yang didalamnya memiliki 75% karang dunia. yuk mengenal Segitga Terumbu Karang Dunia.

Lihat juga: Paket Wisata Bali

Segitiga Terumbu Karang Dunia

 

Segitiga Terumbu Karang

segitiga-terumbu-karangSegitiga Terumbu Karang merupakan istilah Geografis untuk perairan di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste yang kaya akan terumbu karang. Segitiga Terumbu Karang dijadikan oleh World Wildlife Fund sebagai salah satu dari prioritas utama konservasi kehidupan maritim yang diluncurkan pada tahun 2007. Segitiga Terumbu Karang ini meliputi banyak wilayah dengan luas kurang lebih 6.500.000 km², dan terdiri dari 600 spesies terumbu karang yang merupakan 75% semua spesies Karang yang ada di Dunia. Perairan Segitiga Karang Dunia juga merupakan tempat tinggal 3.000 spesies ikan, termasuk ikan terbesar hiu paus, dan fosil hidup coelacanth.

 

Segitiga Terumbu Karang Di Indonesia

laut-indonesiaSegitiga Terumbu Karang di Indonesia meliputi Perairan di Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Pulau Nusa Tenggara Barat dan Timur, Dan Pulau Papua. Tenru hal ini merupakan hal yang sangat menakjubkan dimana Perairan Indonesia memiliki keaneka ragaman biota laut yang indah dan luas. Memang Banyak spot di Indonesia yang selalu dijadikan tempat utama para divers dunia yaitu di Bali, Lombok, Wakatobi, Bunakaken, dan Raja Ampat. Spot Diving disinilah yang menjadi perwakilan dari Laut Indonesia untuk menikmati hamparan keindahan Karang. Berikut ini kita mengenal Daerah dengan Karang Terbaik Di Indonesia.

 

Spot Menikmati Terumbu Karang Di Indonesia

 

Wakatobi

wakatobiWaktobi Terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi yang termasuk kedalam Taman Nasional Wakatobi yang memiki luas 1,39 juta HA dan meliputi banyak keanekaragaman hayati laut dan menempati posisi prioritas tertingi dari konservasi laut di Indoneisa. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.

 

Bali

nusa-duaPulau Bali Di Indonesia juga merupakan tempat yang sangat dikenal Dunia. Bali merupakan wilayah yang termasuk memiliki keindahan hayati laut yang luar beraneka ragam. Bali sendiri telah di survei kesehatan karangnya oleh Coral Triangle Centen (CTC) pada periode Juli-Oktober 2015, menunjukkan 60% karang Bali dalam keadaan baik. Adapun lokasi karang dan bio massa ikan terbaik terdapat di Temeling, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dan Kepah, Kabupaten Karangasem. Kedua kabupaten tersebut terletak di bagian Timur di propinsi Bali dan menjadi tujuan wisata bahari yang terkenal.

 

Raja Ampat

pulau-pianemoRaja Ampat terletak di Papua Barat, Raja Ampat merupakan kepulauan yang sangat indah yang meliputi perarian dan daratannya. Banyak tempat menarik di Raja Ampat seperti Wayag, Pianemo, dan Pasir Timbul. Untuk Biota laut sendiri Raja Ampat merupakan Tempat yang sangat indah dan merupakan surga untuk para divers. Banyak divers dunia yang berkunjung ke Raja Ampat untuk menikmati terumbu karangnya yang indah. Raja Ampat memiliki 75% Jenis Karang Dunia jadi kamu bisa menikmati beranekaragam karang dunia di Raja Ampat looh.

Follow: Facebook   Instagram