021-756-757-62 [email protected]

Rumah adat Sumba atau disebut juga rumah berpuncak mengacu pada rumah adat suku Sumba yang ada di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Memiliki puncak-puncak yang tinggi di setiap atap rumah

[TheChamp-Sharing]

Rumah Rumah Adat di Sumba

1. Mengenal Rumah Berpuncak

Rumah adat Sumba memiliki konsep yang tidak bisa lepas dari adat agama di Sumba. Meskipun Sumba mempunyai kelompok budaya dan bahasa yang berbeda-beda, akan tetapi, adat agama yang dimiliki selalu mempengaruhi arsitektur bangunan dan peralatan yang digunakan. Adat agama Sumba berpusat pada Marapu. Marapu terdiri dari tempat-tempat suci, benda-benda pusaka, roh-roh orang meninggal, dan instrumen untuk berkomunikasi dengan dunia roh.

Selain itu, arsitektur adat agama sangat mempengaruhi ruang dalam dari rumah yang ada di Sumba. Rumah adat tersebut mempunyai tata letak yang berbentuk persegi dengan empat tiang utama menopang atap puncak rumah. Rumah adat di Sumba bisa menampung satu sampai beberapa keluarga dengan ventilasi udara terdapat di lubang kecil dinding untuk memberikan kesejukan di dalam rumah adat.

Lihat juga artikel lainnya tentang wisata Sumba

2. Kunjungi Rumah Budaya

Di Sumba juga terkenal akan Rumah Budaya Sumba yang terletak di Jalan Rumah Budaya Nomor 212, Kalembu Nga, Bangga Weetebula, Sumba Barat, Nusa Tengara Timur. Di sana Kamu bisa melihat kebudayaan, rumah adat, dan keunikan alam yang terdapat di Sumba. Biasanya, orang-orang mengelilingi rumah budaya selama kurang lebih 2 jam. Tempat ini wajib Kamu kunjungi jika sedang berada di Sumba.

Buka setiap hari selama 24 jam untuk siapa saja yang ingin belajar dan berkunjung dan tanpa dikenakan biaya masuk sama sekali. Kapan lagi bisa belajar kebudayaan Sumba langsung di tempatnya dengan waktu tidak terbatas dan tanpa karcis masuk. Selain itu, Rumah Budaya Sumba Barat Daya juga menyediakan homestay bagi para wisatawan yang ingin menginap. Semua sudah tersedia lengkap di tempat ini.

3. Makna Rumah Adat Di Sumba Timur

Di bagian Sumba Timur merupakan wilayah yang sangat kental akan ritual adatnya. Rumah adat Sumba Timur memiliki atap berbentuk lancip dan di setiap rumahnya terdapat 3 bagian yang terdiri dari bagian atas, tengah serta bawah. Bagian atap tersebut ternyata memiliki arti sebagai simbol alam dalam pandangan suku Sumba Timur. Bagian atas berarti tempat para dewa, tengah merupakan tempat manusia, dan bawah adalah tempat arwah.

Rumah adat tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti tempat penyimpanan jenazah, rumah ritual cukur anak Raja yang baru lahir, dan rumah tempat minum kopi.

4. Makna Rumah Adat Di Sumba Barat

Sama seperti rumah adat yang ada di Sumba Timur, rumah adat Sumba Barat ini memiliki bentuk atap yang unik. Atap-atap rumah adat berbentuk lancip ke atas dan setiap atap dilengkapi tiang terukir yang berfungsi untuk membedakan antara pintu perempuan dan laki-laki. Rumah adat di Sumba Barat terbagi menjadi 3 bagian. Di bagian bawah atau Lei Bangun digunakan untuk memelihara hewan-hewan ternak.

Sementara, di bagian tengah rumah atau Rongu Uma diperuntukkan bagi para penghuni untuk tinggal. Dan di bagian atas atau Uma Daluku difungsikan sebagai tempat menyimpan alat-alat pusaka serta bahan-bahan makanan. Di setiap menara rumah juga terdapat tiang penyangga menara berjumlah 4 tiang. Tiap menara menunjukkan tempat ak

Tags:
tour sumba | travel ke sumba | sumba trip | paket wisata sumba | paket tour sumba | open trip sumba | sewa mobil di sumba | nihiwatu | sumba island | sumba timur | sumba barat

Reference:
Pulau Sumba, Wikipedia
Sumba Travel, Lonelyplanet
Sumba, Tripadvisor
Sumba, Wikitravel

[TheChamp-Sharing]