danau-labuan-cermin-wisata-kalimantan

Kalimantan

Kalimantan adalah salah satu Pulau di Indonesia yang termasuk kedalam Pulau terbesar di Dunia. Pulau Kalimanan juga merupakan Pulau yang menyimpan banyak kekayaan alam berupa pertambangan maupun keindahan alam yang dapat dinikamti manusia. Pulau Kalimantan yang juga memiliki banyak SUngai Besar dan Panjang menjadikan pulau ini semakinmenarik wisatawan untuk menjelajahinya. Adapun Beberapa destinasi wisata menarik yang ada diKalimantan. Yuk disimak selengkapnya. Destinasi Wisata Kalimantan yang asik untuk dinikmati.

 

Lihat juga: Open Trip

Destinasi Wisata Kalimantan

 

1. Pulau Derawan

pulau-derawan-wisata-kalimantanKepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat 31 pulau dan sejumlah objek wisata bahari lainnya yang sangat menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara spertihalnya wakatobi di Sulawesi dan Raja Ampat di Papua. Pulau Derawan ini sangat diminati wisatawan terutama para penyelam kelas dunia. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Kepulauan Derawan ini sedang dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu wisata andalan. Wisatawan lokal dan Mancanegara, makin berwisata disana, pilihan selain untuk menyelam, melihat proses bertelur penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah. Resort dan Penginapan yang ada di Kepulauan Derawan banyak tersebar di pinggir pantai, dengan harga yang lebih murah misalnya dibandingkan dengan tempat wisata di Bali maupun di Lombok.

 

2. Pulau Kakaban

pulau-kakaban-wisata-kalimantanWisata kalimantan yang selanjutnya adalah Pulau Kakaban ini terletak tidak jauh dari Pulau Derawan. Pulau Kakaban memiliki luas 774,2 hektar dan memiliki keunikan yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kepulau ini. Salah satu yang menarik di Pulau Kakaban ini adalah terdapat sebuah danau Purba yaitu berupa danau yang memiliki airlaut didalamnya. Air Laut yang tercampur dengan air hujan menjadikan danau ini sangatlah unik. Luas Danau ini sendiri sekitar 5km persegi dan berdinding karang terjal setinggi 50 meter,

Pulau yang masih asri ini merupakan salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur. Danau yang memiliki Ubur-ubur yang masih hidup dengan baik seperti Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia, Kamu juga bisa berenang bersama ubur-ubur tersebut. Tidak Perlu Takut bur-ubur di sini tidaklah enyengat jadi aman dan sangat indah untuk menemani berenang kamu di danau ini. Selain itu, di Pulau Kakaban juga ada berbagai jenis ikan yang bisa dilihat yaitu barakuda, white tip, black tip, juga hammer shark. Selain ubur-ubur, wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut. Karena dari tujuh pulau yang ada di Berau, Kakaban merupakan yang paling baik.

 

3. Pulau Maratua

pulau-maratuaPulau Maratua ini merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak diLaut Sulawesi da berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Untuk sampai ke Pulau Maratua kamu bisa melakukan perjalanan dengan Speed Boat dari Derawan dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Setelah kamu sampai disana kamu akan sangat terpukau dengan sajian indahnya hamparan laut nan biru yang seolah memanggil kamu untuk berenang-renang. Maratua memamng seperti Surga bagi para penyelam dunia. Keindahan bawah laut yang ada di Pulau Maratua sangat indah seperti halnya di Raja Ampat dan Wakatobi. Selain itu di Maratua kamu juga bisa menikmati sunset yang sangat indah dengan suasaa hening dan deburan ombak yang menemani mu menikmati suasana romantis di Pulau ini. Tak heran Maratua menjadi salah satu Wisata Kalimantan yang diminati wisatawan.

 

4. Danau Labuan Cermin

danau-labuan-cermin-wisata-kalimantanDanau Labuan Cermin ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Untuk mencapai Wisata Kalimantan yang satu ini, kamu harus menyewa kapal dari dermaga dan sampai ke Labuan Cermin. Sesampainya di sana dijamin kamu akan dibuat terpana oleh kecantikan danau ini. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut inipun bisa terlihat dengan jelas.

Mengapa dinamakan Labuan Cermin? Ini dikarenakan Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari.

 

5. Pulau Beras Basah

beras-basah-wisata-kalimantanDan Wisata Kalimantan yang terakhir adalah Pulau Beras Basah menjadi salah satu Pulau Kalimantan yang menjadi objek wisata dan ramai dikunjungi wisatawan. Pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar timur bagian Pulau Kalimantan. Secara administrasi, pulau ini berada di bawah pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau yang menawarkan keindahan Panai dan bawah lautnya yang mempesona ini sangatlah pas untuk menemani liburan kamu. Dipulau ini kamu bisa bermain air ataupun bersnorkling hingga diving.

Pulau beras Basah memang memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan Pulau lain di Kalimantan. Selain Diving ataupun snorkling kamu juga bisa bermain wahana watersport yang ada di Pulau ini. ntuk dapat mengunjungi pulau ini terdapat beberapa akses yang semuanya berasal beberapa dermaga atau pelabuhan dari Kota Bontang. Akses yang paling cepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang memakan waktu kurang lebih lima belas menit. Akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

 
 
Follow: Facebook   Instagram