paket tour raja ampat

Mau liburan ke Raja Ampat? pilih paket wisata Raja Ampat yang telah kami sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
Dari pilihan destinasi yang bakal membuat kamu terpesona hingga penginapan terbaik sesuai budget kamu.

 

Pilih Paket Wisata Raja Ampat
di bawah sesuai dengan kebutuhan Kamu

 

Paket Wisata Raja Ampat

 

tour raja ampat

Tour Raja Ampat

Pianemo Express 3D2N

start from:

IDR 5.268.000

raja ampat tour

Raja Ampat Tour

Pianemo & Wayag 4D3N

start from:

IDR 6.488.000


 


Kenapa ya Paket Wisata Raja Ampat kok Mahal?

Banyak yang nanya kenapa kok Liburan ke Raja Ampat mahal banget? Mending ke luar negeri sekalian dari pada ke Raja Ampat.
Mungkin kamu salah satu yang punya pertanyaan kaya gitu kan?

 

 Transport di Raja Ampat

paket wisata raja ampat

Gak kaya destinasi lainnya di Indonesia, Raja Ampat itu terdiri dari banyak pulau dan mereka saling berjauhan.
Untuk menuju satu pulau ke satu pulau cukup jauh dan memakan waktu yang gak sebentar, apalagi Wayag.
Jadi kamu butuh tuh kapal cepat atau speedboat yang bisa mengantar kamu ke semua pulau dalam waktu cepat.
Seperti mobil saja, kalau mau cepet yaa pakai mesin yang cepet dan pastinya mengkonsumsi bahan bakar yang gak sedikit.
Disitulah alokasi budget terbesar kamu, yaa sewa speedboatnya mahal banget.
Sebenarnya ada juga sih speedboat yang tidak terlalu mahal.
Untuk harga lebih marah kamu bisa menggunakan speedboat yang tidak memiliki rumah atau penutup di kanan kirinya alias terbuka (tapi tetap ada pelindung atasnya kok).
Tapi tidak direkomendasikan untuk mengunjungi pulau-pulau yang jauh, apalagi Wayag.
Kekurangannya adalah kamu langsung diterpa angin, dan kalau hujan siap-siap aja kebasahan.
Ada dua pilihan rute keberangkatan speedboat, langsung dari Sorong atau kamu bisa ke Waisai terlebih dahulu.
Kalau kamu hanya punya waktu sedikit ke Raja Ampat (2 hari atau 3 hari), disarkan untuk langsung naik speedboat dari Sorong.
Selain bisa lebih flexible, waktu yang dibutuhkan untuk keliling di Raja Ampat juga jadi lebih banyak.
Tapi karena jarak dari Sorong menuju pulau-pulau di Raja Ampat lebih jauh, tentunya harga sewa speedboatnya lebih mahal dibandingkan jika kamu dari Waisai.
Nah kalau kamu mau paket yang lebih murah, bisa ke Waisai dulu menggunakan kapal fery express.
Jadwal kapal fery express dari Sorong ke Waisai berangkat setiap hari jam 2 siang, dan tambahan jam 9 pagi di hari Senin, Rabu dan Jumat, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

 

Konsumsi di Pulau

Biaya transport yang mahal pastinya berimbas ke harga jual makanan di pulau-pulau Raja Ampat.
Untuk membeli bahan baku makanan, penyedia tempat makan dan penginapan harus membayar lebih mahal kepada pedagang bahan makanan.
Bayangin aja untuk membeli minuman teh kotak kamu harus merogoh kantong 15 sampai 25 ribu.
Meski begitu, sekarang liburan ke Raja Ampat tidak mahal seperti dulu.
Saat ini tiket pesawat ke Sorong bisa dibilang murah dibandingkan lima tahun lalu.
Misalkan tiket dari Jakarta ke Sorong pulang-pergi ada dikisaran 3,5 juta rupiah.
Kalau kamu pergi di low season seperti bulan Februari dan April bisa 3 juta bahkan di bawah itu untuk pulang pergi.

 

Peta Wisata Raja Ampat

paket wisata raja ampat

 

Tips liburan ke Raja Ampat

 

Pilihlah tanggal yang tepat

Wisata di laut tentu tidak terlepas dari faktor cuaca, begitu pula di Raja Ampat. Jika datang pada musim dan bulan yang salah, dapat dipastikan traveler akan tertahan di dermaga tanpa memiliki kesempatan melaut akibat ombak yang tinggi.
Hal itu pun ditekankan oleh salah satu pengurus Badan Layanan Umum Daerah Raja Ampat, Adrian. Bahwa untuk menikmati indahnya Raja Ampat, traveler harus datang pada bulan tertentu saat kondisi laut tenang.
“September-April waktu yang tepat. Setelah itu ombak,” ujar pengurus Badan Layanan Umum Daerah Raja Ampat, Adrian dikutip dari detikTravel.

 

Tiba di Sorong pagi hari

Supaya kamu menghemat waktu di Raja Ampat, ambilah penerbangan tiba di Sorong pagi hari sehingga kamu bisa memaksimalkan liburan kamu.
Kota transit terbaik adalah Makassar.
Terdapat dua maskapai (Sriwijaya dan Batik) yang menyediakan penerbangan dini hari (jam 3 atau 4 pagi) dengan waktu tempuh 2 jam.
Misal kamu dari Jakarta bisa ambil penerbangan malam hari (sekitar jam 10) ke Makassar dan bisa menunggu di bandara sampai penerbangan ke Sorong.
Atau kamu bisa ambil penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong dengan keberangkatan tengah malam dan tiba pagi hari, tapi biasanya akan lebih mahal dibanding transit di Makassar.

 

Pulang dari Sorong siang hari

Jika penerbangan pulang di siang hari, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk membeli oleh-oleh di Kota Sorong.
Penerbangan favorit dari Sorong adalah Batik Air jam 2 siang (transit Makassar).
Selain harga tiket lebih murah, kamu juga bisa langsung mengambil penerbangan pulang di sore harinya.
Juga penerbangan langsung ke Jakarta di siang hari, meskipun harga pesawat lebih mahal dibandingkan transit di Makassar

 

Minum obat pencegah malaria

Irian Jaya merupakan kawasan endemik nyamuk termasuk malaria.
Sebagai pencegahan, akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi obat pencegah malaria sebelum liburan ke Raja Ampat seperti Doksisiklin atau Pil Kina (untuk lebih jelasnya dapat konsultasi dengan dokter).
Walaupun di setiap penginapan sudah tersedia kelambu agar tidak digigit nyamuk saat tidur, tapi akan lebih baik kalau kamu extra protective terhadap potensi malaria.
Pencegahan tambahan adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk.
Intinya mencegah lebih baik daripada mengobati kan.

 

Stock makanan atau cemilan sebelum tour

Bagi kamu yang suka cemilan, wajib banget untuk belanja dulu sebelum mulai tour.
Di Kota Sorong sudah banyak super market yang bisa memenuhi kebutuhan ngemil kamu.
Soalnya di Pulau-pulau di Raja Ampat jarang banget warung.
Sekalinya ada juga pasti harganya mahal dan gak banyak pilihannya.

 

Pilih paket wisata yang tepat

Kalau kamu hanya memiliki waktu sedikit, dua atau tiga hari saja, tidak disarankan untuk mengambil trip ke Wayag.
Waktu tempuh ke Wayag sangatlah jauh dan memakan banyak waktu.
Kamu hanya akan lama di perjalanan laut, dan banyak destinasi lainnya yang tidak bisa dikunjungi.
Dengan waktu dua atau tiga hari, Pianemo saja sudah lebih dari cukup.
Kamu lebih bisa menikmati destinasi-destinasi lainnya tanpa harus diburu-buru oleh waktu.
Selain itu jika sebagian peserta di grup kamu ingin diving, disarankan untuk mengambil tambahan hari.
Soalnya kalau tripnya digabungkan antara diving dan regular tour, kasihan yang tidak diving harus menunggu di kapal sampai selesai diving, kurang lebih satu jam sekali menyelam.

 

Lihat juga: Destinasi wisata lainnya

 

Bingung mau menginap dimana? – Paket Wisata Raja Ampat

tour raja ampat

Sudah banyak penginapan yang tersebar di pulau-pulau di Raja Ampat.
Mau homestay yang murah meriah, sampai resort mewah pun ada.
Kamu bisa sesuaikan dengan budget liburan mu.
Untuk homestay jangan bayangin seperti di Pulau Seribu yaaa, bangunan permanen dan ada AC nya.
Homestay di Raja Ampat mayoritas terbuat dari anyaman kayu dan atap dari daun yang disusun.
Biasanya homestay di Raja Ampat memiliki kasur di bawah dengan kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk dan tidak memiliki kamar mandi di dalam.
Tapi itu gak mengurangi keindahan liburan kamu kok, karena penginapan di Raja Ampat hampir semua berada di bibir pantai dengan pasir putih dan bersih.
Kalau kamu punya budget banyak, resort bisa jadi pilihan.
Fasilitas yang diberikan oleh resort pastinya lebih lengkap dibandingkan dengan homestay.
Kamar AC, kamar mandi dalam, dan perlengkapan mandi seperti standar hotel.
Ada harga, ada fasilitas, begitulah kira-kira.

 

Paket Wisata Raja Ampat

 


 

10 Destinasi Terbaik Raja Ampat

 

Wayag

paket tour raja ampat

Di antara semua Pulau di Raja Ampat yang paling terkenal dan menjadi ikon di Raja Ampat adalah Kepulauan Wayag.
Wayag merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat.
Dari Pulau Waisai (pusat pemerintahan Raja Ampat) menuju Wayag ditempuh antara 4 hingga 6 jam dengan speed boat (tergantung kondisi cuaca dan kapal yang digunakan).
Itulah mengapa paket wisata Raja Ampat yang mengunjungi Wayag lebih mahal dibandingkan paket yang tidak mengunjungi Wayag, karena konsumsi bahan bakar speed boat hampir dua kali lipat.
Dalam paket wisata Raja Ampat, kamu akan menginap dulu di penginapan sekitar Pulau Wayag.
Soalnya supaya kamu bisa puas seharian explore pulau-pulau di sekitar Wayag.
Sayang kan jauh-jauh ke Wayag kalo gak banyak yang bisa kamu nikmatin disana.
Untuk mendapatkan panorama paling indah di Raja Ampat, kamu harus mendaki bukit karst kurang lebih 1 jam.
Tapi hati-hati, bukitnya cukup curam dan berbatu tajam seperti batu karang.
Jadi kalau kamu ke Wayag minimal banget kamu pakai sandal gunung, sepatu sih lebih baik.
Dan mendaki di bukit Wayag belum ada pengaman atau tangga, jadi memang harus hati-hati dan ikuti instruksi atau panduan dari guide kami.

 

Pianemo

raja ampat tour

Sebutannya adalah Mini Wayag.
Yaa, mirip-mirip dengan Wayag namun bukit-bukit karangnya tidak sebesar Wayag.
Tapi untuk menuju ke Pianemo tidak sejauh Wayag, bahkan bisa setengah perjalanan ke Wayag.
Selain itu, untuk menuju ke puncak bukit sudah tersedia tangga kayu sehingga lebih aman untuk didaki.
Memang melelahkan, 15 menit mendaki anak tangga yang cukup curam, tapi begitu sampai di atas bukit, semua lelah hilang. Kerennn banget pemandangannya.
Walaupun tidak semegah Wayag, tapi jika dibandingkan dengan lamanya perjalanan dan keamanan pendakian, Pianemo sangatlah wajib dikunjungi.

 

Teluk Kabui

paket wisata raja ampat

Lokasinya tidak jauh dari Waisai, yaaa kira-kira 30 menit menggunakan speed boat.
Seperti namanya teluk, Teluk Kabui dikelilingi oleh dua pulau besar dengan dihiasi bukit-bukit karang.
Teluknya cukup luas, jadi mungkin hanya bisa berkunjung ke beberapa spot foto andalan.
Batu Pensil adalah salah satu spot terbaik untuk foto-foto di Teluk Kabui.
Selain foto-foto, kamu juga bisa snorkeling disini karena airnya yang tenang dan karang yang indah.
Karena air di Teluk Kabui sangat bersih, jika matahari sedang terik kamu bisa melihat keindahan terumbu karang dari Teluk ini tanpa menyelam.

 

Pasir Timbul

tour raja ampat

Sebenarnya tidak ada yang spesial dengan Pasir Timbul di Raja Ampat.
Kamu tentunya juga sering mengunjungi Pasir Timbul pada destinasi lain di Indonesia.
Untuk sampai ke Pulau Pasir Timbul sebenarnya tidaklah jauh dari Pulau Waisai, Ibukota Raja Ampat.
Mungkin hanya sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu motor bermesin sedang.
Karena lokasinya yang dekat dengan Pulau Waisai atau Sorong, sayang kalau kamu tidak mengunjunginya.
Tetapi untuk sampai ke Pasir Timbul kamu harus menyesuaikan waktu dan pasang surut air laut Raja Ampat.
Pasang surut biasanya berlangsung 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari antara jam 5 dan 9 kemudian sore hari berkisar jam 4 sampai 6 sore.
Pulau yang memiliki luas sekitar 150 meter persegi ini memiliki hamparan pasir putih dan bersih.
Kamu bisa berfoto-foto dan menikmati keindahan karang dan pasir Raja Ampat yang sangat bersih saat berada di Pasir Timbul.

 

Batu Pensil

paket tour raja ampat

Kenapa ya kok namanya unik, Batu Pensil?
Coba lihat saja bentuknya, benar-benar seperti pensil.
Diantara bukit-bukit karang, Batu Pensil menjulang kurus langsing berbentuk pensil.
Untuk memanjakan pengunjung, disediakan derbaga mengelilingi Batu Pensil.
Jadi kamu bisa turun dan foto-foto persis disebelah Batu Pensil.
Lokasinya juga tidak jauh yaitu masih di dalam Teluk Kabui, sekitar 30 menit dari Waisai.

 

Friwen Wall

raja ampat tour

Untuk kamu yang hobi snorkeling atau diving, wajib untuk datang ke sini.
Sebenarnya Friwen adalah nama sebuah desa, tapi nama wall nya sendiri artinya adalah tembok.
Yaa, tembok bawah laut atau biasa disebut palung laut di Friwen adalah salah satu spot snorkeling terbaik.
Biota bawah lautnya sih jangan ditanya, karang dan ikan-ikan yang ada disini bikin kamu gak mau naik ke kapal.
Gak usah khawatir, disini air lautnya tenang, jadi bagi kamu yang takut untuk snorkeling bisa mencobanya.
Tempatnya juga dekat dengan Teluk Kabui dan Waisai jadi kalau kamu ke Teluk Kabui, pastikan kamu kesini juga ya.

 

Desa Arborek

paket wisata raja ampat

Sebagai desa wisata percontohan diantara 18 desa adat lainnya di Raja Ampat, keindahan alam dan adat budaya Desa Arborek sudah mendunia.
Disini kamu bisa melihat kearifan lokal dan pembuatan kerajinan tangan.
Selain pantainya yang putih, ekosistem bawah laut pun sangat eksotis.
Tidak usah jauh-jauh, di dermaga Desa Arborek saja kamu sudah bisa snorkeling dengan kerumunan ikan dan karang.
Masih kurang puas? Kamu bisa snorkeling atau diving di Manta Sandy, dimana kamu bisa bertemu kerumunan Ikan Pari Manta dari dekat.
Untuk lokasinya cukup jauh dari Waisai, sekitar 1 hingga 2 jam.
Biasanya rute destinasi Desa Arborek dikunjungi setelah turis mengunjungi Pianemo, karena letaknya tidak jauh dari sana.

 

Desa Sawinggrai

tour raja ampat

Tidak kalah apik dengan Desa Arborek, Desa Sawinggrai harus masuk ke dalam daftar destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika ke Raja Ampat.
Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan disini.
Kamu bisa memberi makan gerombolah ikan besar dan warna warni di dermaga.
Atau kamu juga bisa berinteraksi dan bermain dengan penduduk asli disini.
Lebih istimewanya lagi, kamu bisa melihat Burung Cendrawasih simbol dari Provinsi Irian Jaya.
Untuk melihat Cendrawasih tidak bisa sembarangan datang.
Kamu harus datang di pagi hari sekitar jam 6 hingga 8 atau sore hari sekitar jam 4 sampai 6.
Untuk menuju lokasi pengamatan burung pun cukup melelahkan, kamu harus jalan kaki mendaki bukit menerobos hutan kurang lebih 40 menit perjalanan.
Jangan lupa untuk membawa lensa tele atau teropong agar dapat melihat burung ini dengan jelas, soalnya Burung Cendrawasih hinggap di atas pepohonan.
Dan yang terpenting bawa lotion anti nyamuk, soalnya di dalam hutan Raja Ampat nyamuknya ganas-ganas.

 

Desa Yenbuba

paket tour raja ampat

Tempat snorkeling keren lainnya di Raja Ampat adalah Desa Yenbuba.
Di dermaga desa nya saja kamu bisa melihat cantiknya terumbu karang dan aneka ragam ikan warna-warni.
Disini airnya juga cukup tenang, jadi bagi kamu yang susah berenang, tidak perlu mengeluarkan tenaga banyak untuk menikmati bawah laut Raja Ampat.
Lokasinya di Pulau Mansuar, kira-kira diantara Waisai dan Pianemo.
Jadi kalau kamu menuju Pianemo, pasti melewati Pulau Mansuar dengan estimasi 1 jam perjalanan dari Waisai.

 

Follow: Facebook   Instagram

 


Paket Wisata Raja Ampat

 


Tags:

raja ampat | raja ampat papua | pulau raja amat | paket wisata raja ampat | raja empat | raja ampat islands |raja ampat tour | raja ampat resort | foto raja ampat | raja ampat papua barat | lokasi raja ampat | raja ampat indonesia| raja ampat dive resort | wisata di papua | raja ampat diving | wayag raja ampat | hotel di raja ampat | misool raja ampat | raja ampat dive lodge | wisata raja ampat papua | pulau raja ampat papua | wisata raja ampat | wisata papua

 

Link: https://www.tripinto.co.id/paket-wisata-raja-ampat/