021-756-757-62 [email protected]

      Kekayaan Indonesia terletak pada budayanya yang beraneka macam ragam di mana setiap daerah pasti punya nilai kearifan lokalnya sendiri-sendiri. Tidak terkecuali Sumba yang merupakan daerah dengan nilai budaya yang masih sangat kental dan tidak banyak terpengaruh dengan teknologi yang makin membuat masyarakat dunia menjadi homogen. Salah satu hal yang menarik untuk dipelajari dari budaya Sumba adalah pakaian adat Sumba. Dengan produksi kain tradisionalnya yang bernilai seni dan jual yang tinggi, tidak heran jika pakaian adat orang Sumba didominasi oleh penggunaan kain tenun ikat yang dibalutkan menjadi pakaian tradisional. Elemen penting lainnya pada pakaian adat orang Sumba adalah hiasan pada kepala dan juga parang yang panjang pada pakaian adat untuk pria. Kenali lebih jauh tentang pakaian adat Sumba melalui bahasan berikut ini.

      [TheChamp-Sharing]

      Mengenal Beberapa Perangkat Busana Adat Sumba

      1. Perangkat busana adat Sumbao

      Tidak terlalu banyak elemen atau perangkat yang dikenakan oleh masyarakat Sumba terutama orang Suku Sumba pada pakaian adatnya. Secara umum, pakaian adat Sumba terdiri dari lembar-lembar kain yang besar yang pada pria disebut dengan hinggi, sedangkan pada wanita disebut dengan lau yang merupakan kain tenun ikat dengan motif yang tradisional. Kemudian selain kain yang digunakan untuk menutupi badan, perangkat busana lainnya adalah penutup kepala yang dililit dan memiliki jambul disebut dengan tiara patang. Kemudian untuk pakaian adat Sumba Barat Daya yang dikenakan pada pria dilengkapi dengan kabiala atau parang yang diselipkan di bagian kiri ikat pinggang, kemudian pada pergelangan tangan kiri dipakai perhiasan kanatar dan mutisalak.

      Untuk pakaian adat Sumba Timur sendiri kain yang digunakan oleh kaum wanita memiliki beberapa macam jenis seperti misalnya Lau Kowaru, Lau Pahudu, Lau Mutikau, dan Lau Pahudu Kiku yang digunakan seperti sarung hingga setinggi dada. Kemudian bagian bahu ditutup dengan kain Toba Huku yang warnanya disesuaikan dengan sarungnya. Kaum wanita pun juga mengenakan hiasan kepala sebagai bagian dari pakaian adat Sumba, disebut dengan Haikara yang merupakan tiara dengan motif yang polos. Pada dahi disematkan perhiasan emas yang disebut dengan moraga, kemudian di telinga digantung mamuli dengan warna keemasan, pun pada kalungnya juga menggunakan warna emas.

      Lihat juga artikel lainnya tentang wisata Sumba

      2. Makna pakaian adat Sumba

      Pakaian adat Sumba memiliki makna tersendiri yang filosofinya sangat dipengaruhi oleh kepercayaan asli masyarakat Suku Sumba yaitu Marapu. Meski sekarang sudah tidak begitu terasa, namun dulunya pembagian kasta di kalangan masyarakat Sumba cukup kental yang dibagi menjadi kaum bangsawan, pemuka agama, dan rakyat jelata. Dilihat dari perangkatnya tidak ada yang membedakan antara kaum kasta satu dengan kasta lainnya, namun biasanya orang dari keluarga yang lebih berada mengenakan kain tenun Sumba Barat Daya dan juga perhiasan yang kualitasnya lebih bagus dan harganya lebih mahal dibandingkan orang biasa.

      Ikatan kepala berbentuk jambul yang dikenakan oleh pria Sumba memiliki posisi jambul yang berbeda. Jambul bisa diletakkan di bagian depan, samping kiri atau kanan, yang masing-masing punya maknanya sendiri. Seperti misalnya jambul di bagian depan melambangkan kemandirian. Hiasan yang terdapat pada hinggi dan juga tiara memiliki makna yang dekat dengan lingkungan hidup di sekitar, warnanya pun juga mencerminkan nilai etnis dan status sosial dari pemakainya. Kemudian elemen yang bisa dibilang paling mencolok dari pakaian adat Sumba adalah kabiala atau bilah parang yang hampir selalu dibawa oleh pria Sumba bahkan di kehidupan harian. Kabiala merupakan lambang dari kejantanan.

      Tags:
      tour sumba | travel ke sumba | sumba trip | paket wisata sumba | paket tour sumba | open trip sumba | sewa mobil di sumba | nihiwatu | sumba island | sumba timur | sumba barat

      Reference:
      Pulau Sumba, Wikipedia
      Sumba Travel, Lonelyplanet
      Sumba, Tripadvisor
      Sumba, Wikitravel

      [TheChamp-Sharing]