021-756-757-62 [email protected]

Punya rencana untuk liburan atau berkunjung ke Pulau Sumba? Kamu mungkin bahkan sudah dapat berbagai macam titipan oleh-oleh khas Sumba dari teman atau keluarga. Liburan memang terasa hampa kalau tidak pulang bawa oleh-oleh. Apalagi Sumba punya berbagai macam jenis oleh-oleh mulai dari makanan hingga kerajinan kesenian yang bisa Kamu bawa pulang dan dibagikan kepada yang lain, atau disimpan sendiri. Salah satu pesona Sumba yang membuatnya jadi daerah yang menarik untuk dikunjungi adalah kehidupan masyarakatnya yang masih tradisional dan kental dengan nilai budaya adat. Makanya banyak hasil kerajinan khas Sumba yang punya nilai tinggi karena dibuat masih dengan menggunakan alat yang sederhana dan manual. Siapkan kertasmu dan masukkan oleh-oleh khas Sumba berikut ini di daftar beli oleh-oleh sebelum Kamu berangkat.

[TheChamp-Sharing]

Beberapa Tempat Wisata di Sumba

1. Kain tenun ikat

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan tekstil atau kain tradisional yang menjadi ciri khasnya. Di Sumba, kain tradisional tersebut adalah kain tenun ikat yang setiap benangnya dipintal dengan menggunakan alat yang masih sangat tradisional dan proses pengerjaannya pun manual. Sehingga tidak heran jika satu lembar kain tenun ikat memiliki harga yang cukup mahal mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung dengan ukuran kain, kepadatan benang, dan juga kerumitan motif. Yang membuat kain tenun ikat ini spesial adalah ia memiliki motif primitif dan murni dibuat dengan menggunakan mesin pemintal, bukan dicetak. Kamu bisa beli oleh-oleh khas Sumba ini di berbagai macam galeri seni, pusat oleh-oleh, atau langsung ke perkampungan kain tenun seperti di Kampung Adat Raja Prailiu, dan Kampung Lambanapu di Sumba Timur.

Lihat juga artikel lainnya tentang wisata Sumba

2. Kaparak

Kaparak adalah makanan khas Sumba Barat Daya yang sebenarnya menjadi makanan masa kecilnya orang Sumba Barat Daya dulu namun sudah mulai jarang ditemukan. Kini kaparak mulai dikembangkan lagi dan dikemas agar bisa jadi oleh-oleh makanan yang awet untuk disimpan hingga hitungan bulan. Kaparak adalah makanan yang dibuat dari tepung jagung, dicampur dengan kelapa dan gula putih. Makanan yang diolah dengan cara disangrai di atas bara api tersebut bisa dimakan sebagai cemilan atau makanan saat sarapan atau makan malam karena kandungan karbohidrat, protein, dan lemak nabatinya. Penasaran dengan rasa kaparak? Langsung berburu ke toko oleh-oleh makanan yang di sana pun Kamu bisa menemukan banyak makanan khas Sumba lainnya seperti kopi Sumba, kacang mete, sambal maloto, dan sebagainya.

3. Kacang mete

Ingin oleh-oleh khas Sumba yang aman? Kamu bisa beli makanan khas Sumba Barat Daya yang sudah jelas enak rasanya dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang dibagikan ke orang lain. Daerah Kodi yang ada di Sumba Barat Daya adalah daerah yang dikenal dengan komoditas kacang-kacangannya, terutama kacang mete. Kamu bisa membeli kacang yang masih mentah di Kodi atau di Tambolaka. Sedangkan untuk kacang mete yang sudah digoreng dan diberi bumbu bisa Kamu temukan di berbagai macam toko oleh-oleh di seluruh penjuru pulau.

3. Kacang mete

Selain kain tenun ikat, benda kerajinan yang bisa jadi oleh-oleh khas Sumba adalah mamuli. Mamuli merupakan perhiasan yang umumnya menjadi benda seserahan yang diberikan oleh pihak mempelai pria kepada mempelai wanita dalam sebuah upacara pernikahan adat. Yang unik dari perhiasan ini adalah ia memiliki bentuk menyerupai organ rahim wanita yang menjadi simbol bahwa wanita adalah pembawa kehidupan di dunia. Perhiasan mamuli sebagai souvenir hadir dalam berbagai macam bentuk ada yang untuk anting-anting, kalung, bros, atau sebagai hiasan kepala. Mamuli umumnya dibuat dari bahan metal yang

Tags:
tour sumba | travel ke sumba | sumba trip | paket wisata sumba | paket tour sumba | open trip sumba | sewa mobil di sumba | nihiwatu | sumba island | sumba timur | sumba barat

Reference:
Pulau Sumba, Wikipedia
Sumba Travel, Lonelyplanet
Sumba, Tripadvisor
Sumba, Wikitravel

[TheChamp-Sharing]