Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa disebut Jogja adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang merupakan Kota Wisata yang menarik banyak wisatawan baik Lokal ataupun Mancanegara. Jogja memiliki banyak hal menarik, seperti budaya, tempat belanja, tempat bersejarah dan wisatakuliner. Jogja juga terkenal dengan tempat sejarahnya yaitu Candi. Jogja memiliki banyak Candi yang menarik sehingga banyak wisatawan yang berkunjung. Salah satu wisata Candi yang terkenal di Jogja adalah Candi Borobudur. Di artikel ini kami merangkum tentang Candi Terbesar di dunia. Berikut tentang Candi Borobudur.

 
Lihat juga: Open Trip

Apa hubungan Antara Borobudur dan Angka 1?

 

Candi Borobudur

candi-borobudurCandi Borobudur adalah Candi Buddha terbesar yang ada diDunia. Candi Borobudur juga merupakan salah satu dari 7 keajaiban Dunia yang diakui oleh UNESCO. Borobudur Terdiri atas 6 teras berbentuk bujur sangkar
yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur merupakan Candi yang memiliki koleksi Relief Buddha terlengkap dan terbanyak diDunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma). Borobudur dibangun untuk tempat suci yang bisa memuliakan Buddha sekaligus uk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.

 

Lokasi Candi Borobudur

Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. hanya sekitar 40 KM dari Yogyakarta. Dan membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari Jogja untuk sampai ke  Candi Borobudur.

 

Sejarah Borobudur

borobudur-pertama-ditemukanMenurut sejarah Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 atau sekitar tahun 750 Masehi. Borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra masa pemerintahan raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno. Borobudur dibangun dan di kerjakan oleh Syailendra. Borobudur ditemukan pada tahun 1814 oleh HC Cornelius yang telah diperintahkan oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Tidak ada yang tahu apa arti dari kata Borobudur tetapi Para ahli sejarah memperkirakan Sir Thomas Stamford Raffles menyebut borobudur dari kata bore dan budur ,bore artinya ialah desa sebuah desa yang terletak di dekat lokasi letak candi borobudur ditemukan sedangkan budur artinya purba.

 

Misteri Candi Borobudur dan Angka 1

arca-candi-borobudurBagian dalam rangka arsitektur candi borobudur bila di amati secara matematik ada misteri yang menarik yang mengarah dari angka satu, beberapa bilangan yang berada di candi bila di jumlahkan angkanya akan selalu menghasilkan angka satu bagaimana ceritanya, sebelum menceritakan misteri angka satu perlu di ketahui tentang tingkatan ranas spiritual budha yang ada di candi borobudur.

Tingkatan yang pertama adalah Kamadhatu yaitu dunia yang masih di kuasai oleh kama atau nafsu rendah bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang di buat untuk memperkuat konstruksi candi tingkatan kedua adalah rupadhatu yaitu dunia sudah bisa membebaskan diri dari nafsu tetapi masih terikat rupa dan bentuk area tersebut adalah 4 pundak teras yang membentuk korang kriling yang ada pada dindingnya di hiasi galery relief lantai yang berbentuk persegi pada 4 lorong itu ada 1.400 gambar relif panjang relif seluruhnya 2 setengah kilometer dengan 1.212 panel dekoratif tingkatan ketiga adalah Arupadatu merupakan tingkatan tertinggi yang melambangkan ketiadaan wujud yang sempurna pada area ini denah lantai yang berbentuk lingkaran yang melambangkan bahwa manusia telah bebas dari segala keinginan dari ikatan bentuk dan rupa namun belum mencapai Nirwana.

Pertama Candi Borobudur memiliki 10 tingkatan jika di jumlahkan 1 di tambah 0 hasilnya 1 angka satu lainnya mucul pada area Arupadatu area ini adalah area 4 tingkat paling atas candi, pada tingkat pertama terdapat satu candi tingkat kedua terdapat 16 candi tingkat ketiga terdapat 24 candi tingkat ke 4 terdapat 32 candi jumlah candi yang berada di area arupadhatu adalah 73 buah jika di jumlahkan 7 dan 3 hasilnya adalah 10 dan jika di jumlahkan lagi 1 dengan 0 hasilnya 1. angka satu yang terakhir muncul pada jumlah keseluruhan pada patung candi borobudur ada 505 buah patung disana bila angkanya di jumlahkan hasilnya juga angka satu.

 

Borobudur Dimata Dunia

Candi borobudur merupakan warisan budaya indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia bangunan ini merupakan candi budha terbesar didunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Borobudur merupakan bangunan yang Kokoh dan dikagumi dunia. Namun dibalik kekokohan Candi ini masih tersimpan misteri yang belum terpecahkan.
Sudah banyak ilmuan dari seluruh penjuru dunia yang datang namun tidak satu pun yang berhasil mengungkapkan misteri pembangunan Borobudur. Salah satu pertanyaan yang membuat para peneliti penasaran adalah dari mana asal batu-batu besar yang ada di Candi Borobudur dan bagaimana menyusunnya dengan presisi dan arsitektur yang sangat rapih. Ada yang memperkirakan batu itu berasal dari gunung merapi namun bagaimana membawanya dari gunung merapi menuju lokasi candi mengingat lokasinya berada di atas bukit.

 

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Di Borobudur

relif-candi-boroudurDiBorobudur Kamu bisa mendapatkan cerita sejarah yaitu dengan cara mengikuti skema relif yang ada di dinding Borobudur hingga puncak.  Kamu masuk melalui Pintu masuk utama dan berjalan memutari Candi hingga puncak dan berputar searah dengan jarum jam. Selain itu di Brobudur kamu juga bisa berfoto dan menikmati sunset Indah yang di Sebut Borobudur Sunset oleh wisatawan.

 

Tips Berkunjung Ke Borobudur

borobudurUntuk mengunjungi Candi Borobudur banyak yang harus kamu persiapkan sebelum berkunjung.
1. Gunakanlah Kacamata. Jika kamu berkunjung saat matahai sedang terik menggunakan kacamata untuk mengurangi cahaya matahari agar tidak silau.
2. Bawalah Minuman. Walaupun di Candi sudah banyak yang berjualan tetapi membawa minuman tetaplah penting selain untuk meminimalisirkan biaya kamu hal ini juga akan membuat kamu lebih bertenaga untuk mencapai Puncaknya
3. Berjalanlah searah jarum jam. Untuk kamu yang ingin mengenal sejarah kehidupa, kamu bisa berjalan memutari searah jarum jam dan kamu akan melihat cerita tentang masa lalu melalui relif di dinding Candi.
4. Bawalah Kamera. Membawa kamera sangatlah penting baik kamera HP ataupun kamera poket. Kamera bisa mengabadikan setiap moment kamu di Candi terbesar di dunia ini.
5. Membacalah sebelum berjalan. Bacalah artikel mengenai Candi Borobudur agar saat kamu tiba disana kamu akan mengerti dan apa yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

 

Waktu Terbaik Berkunjung Ke Borobudur

sunsetWaktu terbaik mengunjungi Candi ini adalah siang sampai sore hari. Membutuhkan waktu panjang untuk mengikuti cerita relif di Dinding Candi Borobudur ini. Membutuhkan beberapa jam saat kamu menaiki candi sambil memahami relif yang ada. Dan Saat sore hari kamu bisa Sunset dari Puncak Candi. Sunset dari puncak Candi adalah salah satu Spot sunset terindah yang ada di Indonesia loh.

 
 
Follow: Facebook   Instagram