Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa berada diJepara, Jawa Tengah. Kepulauan yang menjadi Taman Nasional Karimun Jawa pada tahun 2001 ini memiliki beberapa pulau indah didalamnya terdiri dari 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare membuat Pulau ini ramai dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan lautnya. Dalam Artikel ini kami akan membahas tentang Sejarah, Akomodasi, Tips menuju Karimun Jawa. Mari disimak artikelnya berikut ini.

 
Lihat juga: Open Trip
 

Berlibur Di Karimun Jawa

 

Asal Muasal Karimun Jawa

Bbahan-kosongerdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

 

Pulau-Pulau Karimun Jawa

karimun-jawaKarimun Jawa terdiri dari 27 Pulau kecil adapun beberapa Pulau yang sudah dikenal oleh wisatawan sehingga banyak yang ingin mengunjunginya antara lain: Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar, Pulau Tanjung Gelam. Masing-masing dari pulau ini memiliki banyak keincahan laut yang beraneka ragam. Pulau-pulau di Taman Nasional Karimun Jawa dapat kamu kunjungi ketika kamu sedang tour Karimun Jawa. Kamu bisa menyebrang dari Pulau ke pulau untuk sekedar berfoto ataupun berenang.

 

Akomodasi

fotoUntuk sampai di Karimun Jawa kamu bisa melakukan penyeberangan menggunakan kapal yang sudah disediakan untuk menuju ke Karimun Jawa diantaranya

 

Kapal Cepat dari Semarang

Dari Semarang, Kamu dapat pergi ke Karimunjawa melalui Pelabuhan Tanjung Emas dengan menggunakan kapal cepat. Perjalanan dari Semarang ke Karimunjawa sekitar 4 jam hingga 6 jam jika cuaca buruk.

 

Kapal Dari Jepara

Jika Kamu memilih pergi ke Karimunjawa dari Jepara, kamu dapat melalui Pelabuhan Kartini. Kamu bisa memilih menggunakan kapal cepat, atau juga menggunakan kapal yang lambat dan murah dari Jepara. Perjalanan dari Jepara ke Karimunjawa sekitar 2,5 hingga 3 jam.

 

Pesawat

Selain itu, bagi kamu yang memiliki cukup dana, ada pesawat kecil di Bandara Ahmad Yani Semarang dapat disewa menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan (salah satu pulau di Karimunjawa). Dengan pesawat, kamu dapat melihat keindahan Karimunjawa dari atas sebelum mendarat di lapangan terbang yang ada di Karimunjawa. Perjalanan dengan pesawat menempuh waktu sekitar 30 menit.

 

Aktivitas di Karimun Jawa

snorkling-karimun-jawaDi Karimun Jawa banyak kegiatan yang kamu bisalakukan diantaraya berenang, berkeliling Pulau, Mengunjungi ternak hiu, snorkling hingga diving. Perkembang biakan Hiu yang dilakukan disini membuat banyak wisatawan tertarik kesini. Hiu-hiu yang berada disini jinak semua dan dirawat dengan baik. Buat kamu yang berkunjung ke Tambak hiu kamu bisa berfoto-foto dengan hiu juga. Hiu yang dirawat disini beragam ada yang kecil hingga yang sudah berukuran besar pun ada.

 

Tips Berkunjung ke Karimun Jawa

peralatan sailing

 

Dalam Berlibur ataupun berpergian dari rumah tentu banyak yang harus di persiapkan. Begitupun dengan ke karimun Jawa banyak hal yang harus kamu persiapkan. Berikut kami rangkum dalam Tips Ke Karimun Jawa.

 

1. Carilah Akses Tercepat dan Ternyaman untuk mu
Mencari Kendaraan atau sarana yang nyaman untuk menopang kamu selama perjalanan. Carilah Kendaraan tercepat dan mudah kamu jangkau.

2. Ikutlah Paket dari Agent

Banyak Agen wisata yang menyediakan paket ke menuju Karimun Jawa. Buat Kamu yang mengikuti paket yang disediakan Travel agar kamu tidak perlu repot mencari akomodasi selama disana karena semua sudah diurus oleh travel agen.

3. Bawalah Cemilan dan Minuman

Membawa makanan ataupun cemilan sangatlah penting buat kamu yang ingin berlibur terlebih kamu akan menaiki kapal dalam waktu yang cukup lama. Selain untuk Selain untuk mengganjel perut cemilan akan bermanfaat untuk menjadi santapan saat sedang berkumpul bersama kelompok ataupun untuk menghilangkan kantuk.

4. Bawalah Obat pribadi

Buat kamu yang sedang kurang fit ada baiknya kamu membawa obat-obatan sendiri. Atau buat kamu yang suka mabuk laut mabuk perjalanan bawalah obat untuk mengatasi mabuk agar liburan kamu lebih bersemangat dan menyenangkan.

5. Bawalah Sunblock dan Kacamaa

Karena Kariun Jawa daerah yangdikelilingi laut pastinya disini udaranya terasa panas. Ada baiknya kamu membawa sunblock untuk mencegah kulit terbakar. Sedangkan Kaca mata untuk melincungi mata kamu dari terik sinar matahari atau istilahnya silau.

6. Bawalah Kamera

Nah yang 1 ini merupakan Property yang sangat penting untuk kamu yang mau berlibur. Kamera baik Kamera DSLR, Pocket, ataupun Kamera HP sebaiknya jangan sampai tertinggal ataupun Lowbet karena denga Kamera ini kamu bisa mengabadikan setiap moment yang akan kamu lakukan selama berlibur. Buat kamu yang memiliki kamera khusus untuk underwater sebaiknya kamu bawa karena kamera ini bisa kamu gunakan untuk snorkling di pantai.

 

Sekian artikel tentang Liburan kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin berlibur ke Karimun Jawa.

 
Follow: Facebook   Instagram