Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang berada di Papua Barat , Indonesia yang merupakan Kepulauan yang indah. Banyak Destinasi di Raja Ampat yang Indah yang dapat kamu nikmati keindahannya. Raja Ampat yang menjadi icon wisata di Kepulauan Papua ini ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Raja Ampat yang sangat dikenal dengan keindahan terumbu karangnya yang termasuk ke dalam triangle corals. Namun beberapa waktu lalu Terumbu Karang Raja Ampat mengalami kerusakan karena tertabrak oleh kapal yang melintas. yuk disimak selengkapnya dalam Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat.

 

Lihat juga: Paket Wisata Raja Ampat

Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

 

Terumbu Karang Raja Ampat

diving-di-taman-nasional-wakatobiTerumbu Karang Raja Ampat yang sangat indah tersebar di berbagai Pulau di Raja Ampat. Terumbu Karang yang memiliki 75% terumbu karang dunia membuat beraneka ragam ikan berada disini. Kamu dapat berjumpa dengan sekitar 603 jenis terumbu karang. Selain terumbu karang kamu juga dapat berjumpa beragam ikan hias yang jarang kamu temui di perairan lain. Bukan Hanya ikan Kecil saja Raja Ampat menjadi rumah bagi beragam ikan besar yang berlalu lalang di Perairan Raja Ampat. Terumbu Karang dan beragam aneka ikan hias yang indah menjadi daya tarik bagi divers dunia untuk melakukan diving di Raja Ampat. Raja Ampat yang menjadi salah satu Destinasi Wisata Indonesia yang dijadikan untuk menikmati keindahan Terumbu Karang Indonesia seperti halnya Taman Nasional Wakatobi dan Taman Nasional Bunaken di Sulawesi

 

Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

kerusakan terumbu karang raja ampatPada tanggal 5 Maret 2017 Terumbu Karang di perairan Raja Ampat mengalami kerusakan akibat tertabrak oleh kapal M.V. Caledonian Sky . Kapal pesiar M.V. Caledonian Sky yang kandas di selat Dampier pada 4 Maret lalu, menimbulkan kerusakan besar pada terumbu karang di Raja Ampat. Kerusakan yang terjadi akibat tertabrak oleh Kapal M.V. Caledonian Sky ini mencapai 1,8 Hektare. Seluas 13.270 meter Persegi mengalami rusak total oleh tabrakan kapal dan 5.612 meter persegi rusak sedang akibat empasan pasir dan pecahan terumbu karang karena gerakan kapal.

 

Tingkat Harapan Hidup Terumbu Karang

kerusakan-terumbu-karang-raja-ampatTerumbu Karang Raja Ampat yang mengalamai kerusakan akibat tertabrak oleh Kapal M.V Caledonian Sky hanya memiliki 50 persen harapan untuk hidup kembali hal tersebut karena ada kemungkinan gagalnya rehabilitasi terumbu karang. Apabila Coral Reef atau terumbu karang yang memiliki tingkat harapan hidup 50 % itu mati maka 5.612 meter persegi terumbu karang tersebut akan dihitung dalam gradasi rusak total.

 

Kronologi Kejadian Kerusakan Terumbu Karang

Pada Tanggal 3 Maret 2017 Kapal Pesiar M.V. Caledonian sky yang dinahkodai Kapten Keith Michael Taylor yang membawa 79 Kru kapal dan 102 Wisatawn tiba di Yenwapnour, yang merupakan kawasan konservasi perairan di Daerah Selat Dampler. Kerusakan Terumbu karang di Perairan tersebut berada di kedalaman 5 Meter. Menurut Kapten Kapal Kandasnya Kapal M.V Caledonia karena perjalanan yang hanya mengandalkan GPS dilakuan perjalanan tampa memperhatikan pasang surut air laut.

 

Penumbuhan dan Rehabilitasi Terumbu Karang

kerusakan terumbu karang raja ampatKerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat sangat diperhatikan baik oleh masyarakat, Pihak M.V. Caledonia dan Pemerintah Indonesia terus mengusahakan untuk merehabilitasi Terumbu Karang yang mengalami kerusakan. Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat sedang dalam tahap pengukuran pasti untuk mendapatkan data secara jelas kerusakan yang dialami oleh Terumbu Karang tersebut. Untuk Menumbukan Terumbu Karang yang rusak sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 Tahun agar kembali sepeti semula.

 

Follow: Facebook   Instagram