Terumbu Karang

Terumbu Karang merupakan sumber dari kehidupan Biota Laut. Karang juga menjadi sumber keankeragaman yang memiliki ketahanan hidup lebih tinggi. Karang merupakan rumah untuk para ikan. Terumbu Karang yang sehat mampu mengasilkan 5-10 Ton ikan per keliometer persegi per tahun.Karang atau Coral ini adalah Pusat dari ekosistem Laut yang sangat indah dan mempunyai pesona menarik di dalam laut. Keindahannya di dalam laut tentu tak dapat diragukan lagi, Banyak orang menyelam baik snorkling ataupun diving hanya untuk menikmati keindahan alam yang disajikan Terumbu Karang. Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai Banyak jenis karang yang indah yang tersebar di Lautan.

Lihat juga: Tour Komodo

Kerusakan Terumbu Karang Indonesia

 

Terumbu Karang Di Indonesia

pencurian terumbu karang

 Indonesia sebagai Negara yang memiliki laut yang sangat luas. Pastinya memiliki banyak sekali jenis Karang. Luas Karang di lautan Indonesia mencapai 60.000 km2. Hal ini menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman biota laut yang lebih banyak dibandingkan dengan negara lainnya di dunia, khususnya pada negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Indonesia sendiri memiliki 75% jenis Karang yang ada di dunia.

 

Lokasi Terumbu Karang Indah Di Indonesia

Banyak lautan Indonesia yang memiliki Karang yang sangat indah dan sudah dikenal hingga keseluruh dunia. Lokasi-lokasi indah yang tersebar ke seluruh penjuru Indonesia diantaranya Karimun Jawa, Pulau Bali, Pulau Komodo, Bunaken, Wakatobi, Dan Raja Ampat. Tempat-tempat tersebut memiliki terumbu karang yang sangat Indah dan tidak bisa di nikmati di Negara lain yang tak memilikinya. Maka dari itu banyak pihak asing yang mencoba menjarah lautan Indonesia mulai dari Ikan besar hingga kecil dan juga koral-koral Indah Indonesia pun tak lupa mereka untuk menjarahnya. Pencuri bukan hanya mencuri ikan ataupun coral saja dampak dari pencurian adalah merusak ekosistem biota laut.

 

Pencurian Terumbu Karang

terumbu karang

Banyak sudah kasus kasus tentang pencurian Karang di Indonesia.  Karang mulai dicuri untuk dijual secara Pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak cara untuk mencuri nya, namun yang terparah adalah dengan cara mengebomnya. Dengan bomcoral akan hancur menjadi bagian kecil-kecil dan mudah dibawa. Namun hal ini tentu akan mengganggu ekosistem lainnya seperti membunuh ikan hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena merusak dan mencuri Coral di pantai termasuk kedalam pasal UU No 27 Tahun 2007 tentang pengelolaan Daerah Pesisir dan pulau-pulau Kecil dengan ancaman hukuman paling lama sepuluh tahun.

 

Kondisi Terumbu karang Di Indonesia

terumbu karang rusak

Kondisi terumbu karang di Indonesia masih memprihatinkan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat, hampir sepertiga kondisi karang di Indonesia mengalami kerusakan atau kurang baik. Meskipun kondisi ini sedikit demi sedikit terus membaik dalam sepuluh tahun terakhir. Sebanyak 30,4 persen dari total luas terumbu karang yang berada di Indonesia dalam kondisi rusak atau tidak baik. Hanya sekitar 2,59 persen dan 27,14 persen yang dalam kondisi sangat baik dan baik. Selebihnya, 37,18 persen dalam kondisi kurang baik. Kerusakan terumbu karang kerusakan terumbu karang bisa dikarenakan 2 hal yaitu kerusakan karena bencana alam dan kerusakan akibat aktivitas manusia. Kerusakan karena bencana alam seperti terjadinya badai, tsunami, dan gempa bumi di laut.
Sedangkan kerusakan yang dilakukan oleh manusia seperti cara penangkapan ikan di sekitar terumbu karang yang sifatnya merusak lingkungan laut lainnya seperti (menggunakan bahan peledak, racun sianida, muro-ami dan perangkap ikan), pencemaran laut, pemanasan global, penambangan batu karang dan sedimentasi. Kerusakan akibat manusia ini jauh lebih beresiko.

 

Tips Melestarikan Terumbu karang

Ada beberapa tips untuk melesatrikan coral di Indonesia

1. Menjaga kebersihan sungai dan pesisir pantai
Sungai merupakan sarana pengantar antara kehidupan di kota maupun dilaut.maka dari itu banyaknya limbah dan sampah masyarakat yang dibuang ke sugai akan mengganggu langsung ke laut melalui sunga dan ini akan merusak bioata laut.
 

2. Menangkap ikan tanpa merusak alam
Banyak orang yang menangkap ikan dengan cara yang tidak benar sperti meledakkan atau menggunakan pukat harimau. Halini pastinya akan merusak kehidpan bawah laut termasuk coral.
 

3. Tidak mengambil Terumbu Karang di Laut
Keindahan karang memang memounyai daya tarik tersendiri, keindahhannya membuat banyak orang ingin memilikinya. Banyak beberapa kejadian pengambilan karang yang sering dijumpai. Ingatlah Karang tidak akan hidup jika tidak pada habitatnya. Jika karang dibawa kepada habitat yang bukan tempatnya karang itupun akan segera mati.
 

4. Sosialisasikan fungsi dan manfaat Terumbu Karang
Mensosialisasikan seberapa pentingnya Karang di Bawah laut sangatlah penting. Mengenal fungsi karang, Habitat karang untuk masyarakat haruslah berjalan dengan baik gunameningkatkan kesadaran untuk tidak mengambil karang secara brutal.
Mari kita jaga kebersihan Pantai. Kebersihan laut dan kebersihan Keindahan Alam Indonesia yang luar biasa indah. Lestarikan dan jaga keinddahannya untuk dapat dinikmati generasi selanjutnya.

 

Follow: Facebook   Instagram