taman-nasional-wakatobi-1

Taman Nasional Di Indonesia

Sebagai Negara yang memiliki banyak Pulau tersebar dari Timur hingga Barat. Indonesia Merupakan Negara yang sangat kaya akan keindahan Alamnya. Indonesia sendiri memiliki 50 Taman Nasional yang tersebar di berbagai Provinsi. Indonesia juga termasuk dalam kawasan Triangle Coral yang memiliki keindahan bawah laut yang sudah diakui dunia. Salah Satu Taman Nasional di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan Biota Lautnya adalah Taman Nasional Wakatobi. Yuk kita lihat bagaimana Keindahan Taman Nasional Wakatobi.

 

Lihat juga: Open Trip

Keindahan Taman Nasional Wakatobi

 

Taman Nasional Wakatobi

wakatobiTaman Nasional Wakatobi adalah salah 1 dari 50 Taman Nasional yang adai di Indonesia. Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi ditetapkan menjadi Taman Nasional pada tahun 1996, Dengan area 1,39 juta ha mencakut area keanekaragaman hayati laut. Taman Nasional Wakatobi sendiri menempati salah satu posisi prioritas tertinggi konservasi laut di Indonesia. Kedalaman Laut di Taman Nasinal ini sangant bervariasi, bagian terdalamnya mencapai 1.044meter dibawah permukaan laut. Wakatobi memiliki beberapa Pulau besar didalamnya yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang bila disingkat menjadi Wakatobi.

 

Terumbu Karang di Wakatobi

terumbu-karang-taman-nasional-wakatobiTerumbu Karang merupakan habitat alami untuk kehidupan di bawah laut. Taman Nasional Wakatobi sendiri memiliki beraneka ragam jenis Terumbu karang di Dalamnya. Wakatobi yang termasuk kedalam Kawasan Triangle Coral memang tidak diragukan lagi keindahan Terumbu Karangnya. 75 % Terumbu Karang di Dunia kamu bisa jumpai di Taman Nasional ini loh. Keindahan bawah laut wakatobi berupa 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai Kawasan Taman Nasional. Jadi buat kamu yang datang ke Wakatobi jangan heran bila kamu bertemu dengan ikan yang sangat jarang kamu temui dimanapun. Karena Terumbu Karang yang merupakan Rumah Para ikan terdapat banyak sekali di sini. Tercatat ada 93 Jenis ikan yang berada di Taman Nasional wakatobi.

 

Berwisata Ke Wakatobi

diving-di-taman-nasional-wakatobiWakatobi yang sangat dikenal hingga mancanegara sangatlah menarik untuk dijadikan destinasi liburan kamu. Terutama untuk Kamu yang ingin menikmati keragaman hayati laut yang ada di Indonesia dan dapat kamu jumpai d Wakatobi ini. Bahkan Banyak sekali turis asing yang datang ke sini untu melakukan kegiatan diving. Diving di Wakattobi merupakan salah satu spot Diving terbaik di Dunia dan sangat diminati banyak divers dunia. Dengan Kekayaan alam biota lautnya yang indah tidak heran memang wakatobi dijadikan spot utama para divers ini. Untuk kamu yang memang ingin sekedar menikmati kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkling. Snorkling di Wakatobi pun sangatlah indah, perairan pantai disini sudah memiliki kekayaan aneka ragam terumbu karang jadi di pinggir-pinggir aja udah indah deh.

 

Menuju Wakatobi

keindahan-taman-nasionla-wakatobiUntuk menuju Kepulauan Wakatobi dapat ditempuh lewat beberapa alternatif perjalanan dari kendari Ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara, yaitu:
a. Kendari ke kota Wanci, Ibukota Kabupaten Wakatobi dengan kapal
b. Kendari ke Bau-Bau (Buton) via Raha (Muna) dengan kapal cepat regular setiap hari dua kali pemberangkatan dengan waktu tempuh (± 5 jam) kemudian dilanjutkan dengan naik kapal kayu ke Wanci dengan waktu tempuh (± 8 jam). Dapat juga dari Bau-Bau ke Lasalimu naik kendaraan roda empat selama dua jam, lalu naik kapal cepat lasalimu-Wanci selama (± 2 jam). Wanci merupakan pintu gerbang pertama memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi. Perjalanan dari Jakarta atau Surabaya menuju Kepulauan Wakatobi juga bisa menggunakan kapal laut PELNI yang singgah di Kota Bau-Bau dengan intensitas ± 3 atau 4 kali seminggu. Saat ini sudah dikembangkan jalur penerbangan udara dengan menggunakan Merpati Airlines dari Makassar (Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan) ke Bau-Bau PP seminggu 3 kali (selasa,jumat dan minggu). Dari kota Bau-Bau dapat dilanjutkan dengan kapal kayu ke Wanci.

 

Penginapan di Wakatobi

Sebagai salah satu Taman Nasional yang ramai dikunjungi wisatawan tentu Wakatobi juga memiliki beberapa akomodasi untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Seperti Homestay, Resort, hingga hotel dapat kamu jadikan tempat singgah untuk beristirahat selama di Wakatobi.

Follow: Facebook   Instagram