anak gunung krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau adalah salah satu gunung berapi. Krakatau terletak diselat sunda antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Krakatau merupakan salah satu Gunung Berapi yang Aktif dan bahkan letusannya pernah mecengangkan dunia. Letusan Gunung Krakatau pada tanggal 26-27 Agustus 1883 merupakan salah satu letusan Gunung Berapi yang sangat dahsyat. Letusan disertai Awan Panas dan Tsunami yang menewaskan Ribuan Jiwa. Daya ledak letusan Gunung Krakatau dipekirakan 30.000 kali bom atom yang jatuh di Hiroshima dan Nagasaki. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York. Setelah 1 abad lebih letusan besar Gunung Krakatau. Sekarang Gunung Krakatau dan sekitarnya menjelma menjadi Destinasi wisata yang indah. Yuk disimak artikel tentang Liburan di Pulau Anak Krakatau.

Lihat juga: Open Trip

Liburan di Pulau Anak Krakatau

 

Pulau Anak Krakatau

anak gunung krakatauPulau Anak Krakatau muncul pada tahun 1927 dengan ketinggiannya saat ini sekitar 450 Meter. Gunung yang pernah meletus pada tahun 2011 ini hanya bisa di Daki hingga ketinggian 200 meter. Namun sekarang Anak Krakatau menjelma sebagai primadona wisatawan Indonesia. Kamu bisa sampai di Pulau Krakatau ini dengan melakukan perjalanan menggunkan kapal dari dermaga Canti di Lampung. Di Pulau Anak Krakatau kamu bisa melakukan trekking higga ketinggian 200 meter dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Dengan perjalanan mendaki kamu akan menikmati keindahan alam sekitar pulau Anak Krakatau dari ketinggian 200 meter. Hal ini merupakan hal yang sangat menakjubkan,mengingat keadaan alam disekitar Anak Gunung Krakatau sangatlah indah.

 

Pulau Sebuku Kecil

Pulau-sebuku-kecilPulau Sebuku adalah sebuah pulau yang terletak di selat Sunda yang terletak di sebelah selatan perairan Kabupaten Lampung Timur. Pulau ini letaknya berada di sebelah utara dari pulau Sebesi dan timur pulau Serdang dan pulau Legundi. Dari dermaga canti, perjalanan menggunakan perahu motor memakan waktu kurang lebih satu jam. Pulau Sebuku Kecil memiliki keindahan berupa pantai dengan hamparan pasir putih, dengan berbagai puing karang disekitar pantai, air laut jernih dengan gradasi biru yang memanjakan mata. Dipulau sebuku kecil kamu bisa berenang renang di pantainya yang biru dan bersih.

 

Pulau Sebuku Besar

pulau-sebuku-besarLetak Pulau Sebuku Besar tidak jauh dari Pulau Sebuku Kecil. Pulau Sebuku Besar memiliki luas sekitar 17.71 km2. Dahulu pada tahun 1920-an, pulau ini merupakan area perkebunan. Namun, saat ini pulau ini tidak berpenghuni. Pulau Sebuku Besar memiliki keindahan bawah laut yang cukup menawan. keindahan berupa pantai dan lautnya yang sangat indah. Pulau Sebuku besar merupakan salah satu Spot Snorling di sekitar Krakatau. Kau dapat melihat dengan jelasterumbu karang dan berbagai jenis ikan di lautan sekitar pulau. Titik Snorklingnya pun tidak terlalu dalam. Namun anda harus berhati-hati saat snorkling, tanyakan kepada pemandu apakah lagi musim ubur-ubur. Jangan sampai tubuh anda gatal-gatal karena diserang ubur-ubur.

 

Pulau Sebesi

pulau-sebesiPulau Sebesi adalah salah satu pulau di Kawasan Krakatau dan merupakan Pulau Besar di Selat Sunda. Dengan luas sekitar 16 km2. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni. Ada sekitar 2000 penduduk yang menempati pulau ini. Banyak rumah warga yang dapat dijadikan tempat menginap (homestay) selama kamu berwisata ke krakatau. Pulau sebesi ini merupakansalah satu pulau yang menjadi titik snorkling yang cukup menarik di sekitar Krakatau. Namun, titik snorkling tersebut tergolong cukup dalam, sehingga kamu perlu sedikit menyelam. Snorkling Di pulau sebesi kamu akan disajikan keindahan biota laut berupa ikan dan coral indah di perairan Pulau ini.Amat sangat disayangkan bila kamu ke Pulau ini tidak melakukan kegiatan snorkling.

 

Lagoon Cabe

lagoon-cabeLagoon Cabe terletak di sekitar pulau Rakata,Untuk sampai ke Lagoon Cabe perjalanan harus ditempuh sekitar setengah jam menggunakan kapal kayu bermotor dari gunung Anak Krakatau. dalam perjalanan ke Lagoon Cabe Kamu akan disajikan pemandangan dari Pulau Rakata yang belum terjamah dan terjaga kelestariannya secara alami. Sesampainya di agoon Cabe kamu akan disajika keindahan lautan biru dan ernih hingga melhatkan dasar dari lagoon cabe. Lagoon Cabe merupakan spot snorkling terbaik di Pulau Krakatau kondisi terumbu karang di kawasan Lagoon cabe masih terawat dengan baik dan memiliki berbagai jenis terumbu karang, salah satunya berbentuk bunga kol. Jumlah ikan di spot ini juga cukup bervariatif banayak ikan warna-warni yang kamu bisa temui di seputaran Lagoon Cabe. Selain bersnorkeling, Kamu dapat berenang dan beristirahat di pantai sekitar Lagoon Cabe ditemani hembusan ombak dan pasir putih nya.

Follow: Facebook   Instagram