pura-uluhwatu

Indonesia

Indonesia adalah Negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang unik di masing masing daerahnya. Tersimpan banyak tempat baik untuk menyimpan khas daerah, budaya, dan sejarah berdirinya bangsa ini. Indonesia yang memiliki kekayaan budaya serta alamnya yang indah tentu sangat menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. yuk kita lihat Destinasi Wisata Budaya di Indonesia.

 

Lihat juga: Open Trip

Destinasi Wisata Budaya Di Indonesia

 

Wisata Budaya

Wisata Budaya adalah sebuah jenis kegiatan pariwisata yang menggunakan kebudayaan sebagai objeknya. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan terbesar dunia yang banyak memiliki suku, bahasa, dan budaya. Kenaekaragaman budaya di Indonesia sangatlah menarik untuk dijadikan destinasi wisata budaya dunia. Wisata Budaya di Indonesia bisa mengunjungi Tempat bersejarah, banguan Arsitektur yang unik, seni ukir, dan tarian tarian khas masing-masing daerah di Indonesia. Berikut ini Destinasi Wisata Budaya Di Indonesia.

 

1. Pura Tanah Lot

PANTAI-TANAHLOTPura Tanah lot, Objek Wisata Budaya nan indah ini terletak di Beraban, Kediri, Tabanan atau sekitar 13 kilometer sebelah selatan kota Tabanan, Bali.Pura Tanah Lot adalah sebuah Destinasi Wisata Budaya di Bali, Indonesia. Di tempat ini terdapat dua pura yang terletak diatas batu besar. Pura ini merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura Tanah Lot ini menjadi salah satu Destinasi paling populer sebagai Destinasi wisata budaya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya serta sebagai tempat yang menakjubkan untuk melihat matahari tenggelam (sunset). Selain dapat menikmati keindahan sunset di Pura Tanah Lot Anda juga dapat menyaksikan Budaya Odalan yang diperingati setiap 210 hari sekali.

 

2. Candi Borobudur

candi-borobudurBorobudur adalah sebuah candi Buddha dan monumen Buddha terbesar di dunia yang terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia sebagai contoh pusat percapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Pulau Jawa. Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh para penganut Agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi. Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia sebagai contoh pusat percapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Pulau Jawa. Di Candi Borobudur kamu dapat menyaksikan kelanjutan unsur lokal struktur megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari periode Prasejarah Indonesia.
Bangunan yang termasuk salah satu Situs Warisan Dunia Unesco ini selain sebagai Tempat Wisata Budaya Indonesia paling populer di Indonesia, Candi Borobudur juga masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan terutama dalam memperingati hari Trisuci, Waisak.

 

3. Candi Prambanan

prambananCandi Prambanan atau biasa disebut Candi Loro Jonggrang adalah sebuah Destinasi Wisata Budaya Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten atau sekitar 17 kilometer timur laut dari Kota Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan destinasi budaya yang populer dan berada dekat dengan D.I Yogyakarta. Kamy bisa bekunjung ke Candi Prambanan ini bila kamu datang ke Kota Jogja. Candi Prambanan ini juga termasuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan juga didaulat jadi candi terindah dan termegah di Asia Tenggara. Hal inilah yang menjadikan Candi Prambanan sebagai Tempat Wisata Budaya palling populer bagi wisatawan di seluruh dunia.

 

4. Pura Uluhwatu

pura-uluhwatuNah yang selanjutnya adalah Pura Luhur Uluwatu merupakan sebuah pura yang berada di ujung barat daya Pulau Bali. Pura yang Berada di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok le laut. Pura ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh ummat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin.
Pura yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Provinsi Bali ini menjadi sangat populer dengan kegiatan budayanya dan bentuk bangunan pura yang sangat menarik perhatian. Keindahan pura Uluhwatu juga tersimpan dari bawah puranya, karena dibawahnya adalah Pantai Pecatu yang seringkali digunakan sebagai olahraga Selancar (surfing) kelas dunia. Bahkan banyak event surfing berskala internasional di adakan di Pantai Pecatu. Ombak di pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain menikmati keindahan alam Bali yang memang sangat memanjakan mata.

 

5. Masjid Raya Baiturrahman

masjid-baiturrahman-acehMungkin pada tahun 2004 lalu saat Tsunami melanda Kota BAnda Aceh kamu sering mendengar sebutan Masjid Baiturrahman. Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 masehi. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal, India ini terletak tepat di jantung ibukota Banda Aceh.
Sebagai tempat sejarah yang mempunyai nilai histori tinggi, Saat ini Masjid Raya Baiturrahman juga dijadikan sebagai Tempat Wisata Budaya. Masjid Baiturrahman mampu membuat para wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya, ukirannya yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani.

 

Follow: Facebook   Instagram