Berwisata

Berwisata adalah hal yang dibutuhkan dan dapat dilakukan oleh semua orang untuk menghilangkan kepenatan dalam rutinitas keseharian saat bekerja. Rutinitas yang dilakuan tentu akan menjadi membosankan jika tidak di selingi dengan berwisata yang mengasyikan. Wisata merupakan keiatan yang dilakukan kebanyak orang tetapi dibalik dari asyiknya berwisata tentu ada beberapa hal yang minim diperhatikan.  Seperti keadaan alam Lingkungan, Pengelolaan Sampah tempat wisata, Keadaan Masyarakat Tempat Wisata. Banyak hal yang kurang diperhatikan maka dari itu sekarang ada wisata yang berkonsep dengan Ramah Lingkungan atau ECOTOURISM.

 
Lihat juga: Open Trip

Wisata Ramah Lingkungan

 

Apa itu Wisata Ramah Lingkungan?

perjalanan-ke-waereboWisata Ramah Lingkungan adalah wisata yang bertemakan dengan menjaga kelestarian aalam di seputar destinasi wisata yang akan dikunjungi. Melestarikan keadaan Alam agar terus indah dan dapat dinikmati oleh Generasi yang akan datang. Banyak cara yang dapat kamu gunakan selama berwisata Ecotourism ini seperti memperhatikan Keadaan Sampah di Tempat wisata yang mungkin belum dikelola dengan baik, memperhatikandesa tertinggal di sekitar tempat wisata, Menghargai Masyarakat yang hidup di sekitar Tempata wisata dengan caranya masing-masing.

 

Kenapa Harus Berwisata Ramah Lingkungan ?

perahu-Green-CanyonPertanyaan besar diatas didasari atas fakta bahwa semakin sering perjalanan dilakukan maka akan semakin banyak pula sumber daya alam yang digunakan. Hal tersebut juga berkaitan dengan seberapa besar polusi yang dihasilkan, seberapa banyak sampah yang dihasilkan, serta seberapa besar kerusakan lingkungan yang dirasakan. Banyaknya perjalanan wisata dapat memberikan damak negatif terhadap keadaan alam seperti Sampah yang dibuang Oleh wisatawan yang tidak bertanggung jawab, Tangan Usil Wisatawan yang merusak keadaan Lingkungan,Kurang menghargainya wisatawan terhadap Kesederhanaan Masyarakat sekitar dan banyak hal lainnya. Maka Dari itu dalam Wisata Ramah Lingkungan Bayak hal yang harus diperhatikan dan dapat dijalankan selaa berwisata untuk menjaga kelestarian Alam dan bekerjasama dengan masyarakat untuk membantu mereka menjaga lingkungannya agar tetap asri.

 

Apa yang perlu diperhatikan saat Berwisata Ramah Lingkungan?

 

Menentukan Tujuan Wisata

gili-laba-copyMenentukan Tujuan Wisata ini sangatlah penting karena dengan menentukan tujuanwisata kamu juga bisa mengetahui jarak tempuh untuk sampai ketempat tersebut. dan dari jarak inilah kamu dapatmenentukan Transportasiyang akan kamu gunakan dalam berwisata kali ini

 

Menentukan alat Transportasi

cidomoSeperti yang sudah dibahas dalam Pon pertama setelah mendapatkan Tujuan kamu dapat menentukan Trasnportasi yang dapat kamu gunakan. Jika sudah menentukan tujuan, maka kamu pikirkan alat transportasi apa yang akan kamu gunakan. Jika bisa dengan menggunakan transportasi umum, maka gunakanlah transportasi umum. Jika bisa menggunakan bus atau kereta api maka tidak perlu menggunakan pesawat. Karena menggunakan pesawat semakin banyak emisi gas karbon yang terbuang dan hal tersebut akan berdampak pada pemanasan global. Tetapi jika terpaksa harus menggunakan pesawat maka carilah pesawat yang langsung menuju tempat tujuan.

 

Membawa Bekal untuk Berwisata

tips-tips sailing komodo

Dalam berwisata akan membutuhkan Waktu hingga beberapa hari tentu membutuhkan Beal dalam perjalanan. Bawalah bekal secukupnya dan bila perlu tempatkan dalam tempat yang bisa digunakan lagi untuk mengurangi sampah yang akan dibuan karenasudah tidak digunakan lagi

 

Bawalah Trash Bag

Membawa tempat Samapah atau Plasti sampah dalam Berwisata Ramah Lingkungan sangatlah penting untuk menyimpan dan menghindari pembuangan sampah secara sembarangandi Tempat Wisata yang mungkin masih bersifat Asri lingkungannya.

 

Pemilihan Hotel

mbaru-niangPilih Hotel/penginapan yang ramah lingkungan. Hotel/penginapan ramah lingkungan yang dimaksud adalah yang memiliki pengolahan sampah cukup baik (organik & anorganik), memelihara kelestarian lingkungan hotel termasuk dengan membiarkan burung-burung yang ada berterbangan bebas, merawat tanaman/pohon yang dapat mendatangkan burung-burung serta sebagian besar karyawan berasal dari penduduk lokal

 

Pemilihan Restoran/Tempat Makan

Pilihlah restaurant yang memiliki menu masakan lokal. Mengapa masakan lolal dipilih, karena masakan lolal tidak membutuhkan bahan yang diambil dari tempat yang jauh, yang membutuhkan bahan bakar yang banyak untuk mendatangkannya.
Jika dibungkus, jangan memilih bungkus makanan yang menggunakan stereofoam sebagai pembungkus. Karena stereofoam merupakan bahan pembungkus yang tidak dapat didaur ulang.

 

Bawalah Lap atau serbet

Membawa Lap atau serbet yang dapat digunakan berkali kali akan mengurangi penggunaan tisu selama beriwisata. Tisu dalam berwisata mungkin sangat banyak digunakan dan tentu sudah tidak dapat digunakan lagi dan cenderung akan dibuang sembarangan

 

Pembelian Oleh-oleh

Jika membeli cinderamata belilah yang bersifat local,yang diproduksi oleh orang lokal. Karena jika membeli bukan barang lokal maka biaya mendatangkan barang dari tempat yang jauh serta penggunaan bahan baker juga akan bertambah. Hal tersebut menambah emisi gas buang yang terbang ke udara. Selain itu jangan membeli suvenir yang berbahan dari bagian tubuh satwa. Karena jika ada pembeli, maka akan ada satwa yang mati untuk dijadikan suvenir.

 

Menggunakan Kamera Digital Atau Handphone

tips sailing komodo

Gunakanlah kamera Digital Atau Handphone Karena hasil dari kamera digital dapat kita pilih untuk dicetak, berbeda dengan kamera langsung, jika kita tidak cocok maka akan minta difoto lagi. Sementara hal tersebut akan menambah sampah, selain juga boros biaya.

 

Gunakan Travel Agent yang bertema Ecotourism

Mungkin sedikit Travel Agent yang Mengusung Tema Ramah Lingkungan (Ecotourism) tetapi menggunakan Travel agent yang bertema Ecotourism. Travel Ecotourism akan membantu kamu untuk berpartisipasi menajadi wisatawan yang Ramah Lingkungan dengan Konsep yang mereka Usung. Travel Agent yang bertema Ecotourism akan membantu kamu dalam menentukan Tempat Wisata, Konsep Wisata, Dan kegiatan selama berwisata Ramah Lingkungan.

Sekian Artikel Tentang Wisata Ramah Lingkungan ini semoga semakin banyak peminat wisata yang ingin berwisata asi tetapi tetap menjaga keasrian Lingkungan dan bermanfaat untuk kamu yang membaca artikel ini.

 
Follow: Facebook   Instagram