Bandara di Sumba dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan mengalami jumlah peningkatan penumpang pesawat terbang yang merupakan dampak positif dari pengembangan pariwisata di kawasan Indonesia Timur.
Dengan banyaknya wisatawan baik domestik maupun asing yang ingin melihat sendiri keelokan alam dan juga budaya di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, sarana transportasi pun makin ditingkatkan kualitasnya termasuk bandara yang menjadi pintu gerbang utama bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumba.
Ada dua bandara yang beroperasi di Sumba yaitu Bandara Tambolaka dan juga Bandar Udara Umbu Mehang Kunda.
Keduanya merupakan bandara di Sumba yang menjadi penghubung di kawasan timur Indonesia dan melayani penerbangan domestik.

Beberapa Tempat Wisata di Sumba

1. Bandara peninggalan jaman Jepang, Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka merupakan salah satu bandara di Sumba yang paling sibuk di kawasan Indonesia Timur yang merupakan bandara untuk penerbengan sipil di daerah dengan ketinggian 49 mdpl.
Bandara ini dulunya pada awal dibangun hanya memiliki landasan yang pendek sehingga hanya bisa digunakan untuk penerbangan menggunakan pesawat kecil atau pesawat perintis.
Kini dengan banyaknya wisatawan yang mulai masuk ke daerah Indonesia Timur, landasan Sumba airport ini diperpanjang secara bertahap hingga sekarang memiliki landasan sepanjang 2.300 meter yang sudah bisa digunakan untuk menerbangkan pesawat jenis Boeing dan pesawat komersil besar lainnya.
Bandar Udara Tambolaka yang juga disebut dengan nama Bandara Waikabubak ini terletak di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Bandara yang dibuat pada masa pendudukan Jepang ini kemudian mengalami perbaikan pertama kali pada tahun 1982 dengan memberikan lapisan aspal pada landasan sehingga pesawat kecil seperti Twin Otter, dan Cassa bisa mendarat dan lepas landas di sini.
Kemudian diperbaiki lagi pada tahun 2005 hingga sekarang Bandara Tambolaka Sumba Barat Daya memiliki panjang landasan 2.300 meter.
Bandara Tambolaka memiliki standar kualitas kelas 3 yang cukup nyaman dan memiliki infrastruktur dalam kondisi yang baik sehingga para wisatawan yang datang ke Sumba melalui bandara ini bisa merasa lebih nyaman.
Bandara di Sumba ini melayani penerbangan dari dan ke Denpasar, Kupang, dan juga Ende.
Jika wacana membuat Tambolaka menjadi bandara berstandar internasional jadi diwujudkan tentunya akan membuat penerbangan ke Sumba jadi lebih menyenangkan bagi wisatawan.

Lihat juga artikel lainnya tentang wisata Sumba

2. Pintu masuk Sumba di bagian timur, Bandara Umbu Mehang Kunda Ijing

Bandara di Sumba selanjutnya yang bisa menjadi pintu masuk bagi Kamu yang ingin liburan ke Pulau Sumba atau hanya transit di sini untuk melanjutkan perjalanan ke daerah lainnya, Bandara Umbu Mehang Kunda bisa jadi tempat mendarat pilihanmu.
Bandara ini disebut juga dengan nama bandara Waingapu karena letaknya yang ada di sekitar 5 km jauhnya dari pusat kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, dan lebih mudah untuk diucapkan dan diingat oleh orang kebanyakan.
Bandara dengan lebar landasan 30 meter dan panjang 1.800 meter ini melayani penerbangan domestik dengan rute Surabaya – Denpasar – Waingapu – Kupang dengan menggunakan maskapai penerbangan Nam Air, Wings Air, dan Trans Nusa.
Sedangkan ada juga Susi Air yang melayani penerbangan Bajawa – Waingapu, dan Sabu – Waingapu, pulang pergi.
Sebelum menjadi Umbu Mehang Kunda, nama bandara Waingapu ini dulunya memiliki nama Bandar Udara Mau Hau.
Diganti pada tahun 2009 dengan menggunakan nama Bupati Sumba Timur yang meninggal dunia pada tahun 2008 atas jasanya membuka kawasan Sumba Timur yang tadinya terisolasi sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan lebih lancar bagi kesejahteraan masyarakat lokal.
Kini tidak hanya untuk kegiatan ekonomi, bandara S

Tags:
tour sumba | travel ke sumba | sumba trip | paket wisata sumba | paket tour sumba | open trip sumba | sewa mobil di sumba | nihiwatu | sumba island | sumba timur | sumba barat

Reference:
Pulau Sumba, Wikipedia
Sumba Travel, Lonelyplanet
Sumba, Tripadvisor
Sumba, Wikitravel