Raja Ampat

Raja Ampat adalah Sebuah kepulauan yang terletak di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari beberapa Pulau Indah yang dikenal Dunia terdapat 610 pulau. Empat di antaranya Pulau Misool, Salawati, Batanta, Waigeo termasuk pulau besar dan hanya 35 pulau yang berpenghuni. Raja Ampat dikenal dunia sebagai surga para diver, kepulauan ini memiliki 75% jenis Coral dunia semua berada di bawah laut ini. Untuk Fasilitas sendiri sudah terdapat beberapa Resort mewah dan homestay disini. Bukan hanya itu saja banyak tempat menarik yang ada di Raja Ampat yang indah dan dikenal dunia. Dalam Artikel ini kami akan membahas 7 Tempat Terindah di Raja Ampat. Yuk disimak berikut ini.

Lihat juga: Open Trip

7 Destinasi Indah Raja Ampat

 

Pulau Wayag

wayag-raja-ampatKepulauan Wayag merupakan icon dari Raja Ampat yang sangat dikenal dunia. Kepulauan Wayag ini terdiri dari bebatuan karang besar yang menjulang dikelilingi dengan lautan biru nan bersih dari laut Papua. Kepulauan Wayag ini sangatlah indah terlebih jika dilihat dari ketinggian Puncak salah satu Spot untuk menikmati keindahannya. Untuk sampai ke puncak pulau kamu harus melakukan trekking kurang lebihnya 45menit perjalanan. Untuk Wayag sendiri terletak di Ujung kepualauan Raja Ampat membutuhkan waktu 6-7jam perjalanan untuk sampai ke Wayag. Kamu bisa berangkat dari pagi atau kamu bisa menginap di International Conservation yang berada dekat kepulauan Wayag.

 

Pulau Salawati

salawati-raja-ampatPulau Salawati Pulau yang memiliki luas 1.623 km² merupakan salah satu Pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat. Perairan Pulau Salawati adalah saksi dari perang dunia ke dua.terdapat banyak ceceran kapal laut dan pesawat yang tenggelam dibawahnya. Perjalanan menuju ke Pulau Salawati normalnya memakan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan dengan melewati perairan yang sepi dari perlintasan perahu penduduk serta melewati beberapa pulau kecil yang tidak berpenghuni. Setibanya di pelabuhan Salawati hanya akan terlihat beberapa kapal motor yang bersandar karena pelabuhan ini tidak terlalu besar, hanya cukup untuk dua kapal motor saja untuk bersandar. Di perairan pulau ini pula ditemukannya pertama kali ikan spesies baru yang bernama ikan pelangi salawati. Ikan ini ditemukan di sungai Doktor, pada posisi barat pulau Salawati. Di beri nama sungai Doktor karena masyarakat sekitar mempercayai sebuah mitos bahwa air sungai tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit.

 

Pulau Misool

pulau-misoolPulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat Provinsi Papua Barat. Misool dapat diibarakan sebagai surga kecil yang sangat indah dan mempersona. DiPulau ini berbatasaan langsung dengan laut seram dan juga perairan laut lepas yang merupakan jalur perlintasan hewan laut besar seperti paus, sehingga anda dapat menikmati keindahan pulau misool serasa milik sendiri. Pulau Misool terdapat pantai yang memiliki air laut yang sangat jernih dan taman lautnya yang sangat menakjubkan. Pulau yang dikelilingi deretan kepulauan batu karang yang membentang sehingga menambah keindahan pantai dari Pulau Misool. Di pulau ini juga kamu dapat menemuikan beberapa peninggalan sejarah seperti lukisan yang ada di dinding-dinding gua dan peninggalan-peninggalan lainnya.

 

Kepulauan Pianemo

pulau-pianemoPianemo merupakan gugusan kepulauan karang, bisa diibaratkan sebagai miniature Wayag (ikon Raja Ampat). Kemiripan konstur karang dengan wayag hanya dengan ukuran yang lebih kecil membuat pianemo ini sebagai miniaturnya wayag. Pianemo memiliki jarak yang lebih dekat keimbang dengan Wayag. Dan cara menikmati keindahan Pianemo pun sam adengan menikmati keindahan wayag yaitu kamu harus menaiki puncak teritinggi dari kepulauan karang yang ada disini. Untuk naik ke puncak telah disediakan tangga buatan dan tempat untuk foto dipuncak juga ada semacam balkon Setelah menikmati pemandangan indah khas dari kepulauan Pianemo.

 

Pulau Pasir Timbul

pulau-pasir-timbulKetika kamu ke Raja Ampat hendak kunjungilah Pasir Timbul di Pulau Mansuar. Pasir Timbul terletak di Distrik Selat Dampier, merupakan pantai yang muncul karena gerakkan pasang surut karena gravitasi bumi. Pasut biasanya berlangsung 2 kali dalam sehari pada waktu subuh (05.30 – 09.00) dan pada sore hari (17.00 – 18.30). Oleh karena itu ketahuilah cuaca sebelum kamu berkunjung kesini. karena Pulau ini dapat tertutup oleh airlautyang pasang. Keindahan Pulau Pasir Timbul ini sangat bisa dinikmati bermain pasir putih yang bersih dan berselfie merupakan andalan dari Pulau yang hanya bisa ditemui beberapa jam saja.

 

Pulau Aborek

pulau-aborekPulau Aborek dapat ditempuh dengan perahu boat denganwaktu tempuh sekitar2jam dari Waisai.Pulau Aborek memiliki keindahan pantai yang luar biasa hampaan pasir putih dan pepohonan kelapa di Pulau ini membuat pulau ini terlihat seperti pantai yang berada di film. Pulau Aborek dikenal bukan hanya keindahan pantainya saja, Pulau Aborek juga dikenal menjadi salah satu spot diving di Raja Ampat. Pulau Aborek merupakan jalur yang sering di lewati oleh kelompok ikan Pari Manta. Selain Pari Manta disini juga terdapat beberapa jenis ikan lainnya. Untuk dapat meinikmatinya kamu bisa melakukan diving dengan kedalaman 20 meter. Selain Laut Pulau Aborek ini juga memiliki keindahan alam yang indah jadi kamu bisa berkeliling memutari Pulau yang dihuni puluhan orang. Jangan lupa berbelanja topi Pari dari Khas Pulau Aborek yang menjadi ciri dari pulau ini.

 

Pulau Batanta

air-terjun-batantaPulau Batanta merupakan salah satu Pulau Besar yang ada di Raja Ampat. Sama seperti pulau lain yang ada di Raja Ampat. Pulau Batantaii menyajikan keindahan pantai yang luar biasa indah. Dipulau Batanta ini terdapat air tejun yang bernama air terjun Batanta. Air Terjun yang memiliki keindahan setinggi 10 meter ini memiliki air yangsejuk dan terlihat cukup megah dan menawan. Di Balik air terjun ini terdapat Goa yang kecil dan tersembunyi. Goa inilah yang menjadi spot favorit wisatawan sehabis berenang. Untuk air tejun, disini tidak memiliki debit air yang tidak terlalu besar karena di Pulau ini memiliki curah hujan yang kecil.

Follow: Facebook   Instagram