desawisata-munduk

Indonesia

Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang sangat bervariasi. Banyaknya budaya yang ada di Indonesia membuat banyak wisatawan yang ingin mengetahui budaya di masing-masing daerah di Indonesia. Selain itu Indonesia yang kaya akan keindahan alam nya menambah daya tarik wisatawan untuk ingin menikmatinya. Banyak daerah di Indonesia yang menjadikan budaya ataupun kekayaan alamnya untuk menjadi objek wisata. Salah satu cara memperkenalkan keindahan alam ataupun budaya yang ada di suatu tempat adalah dengan membuat suatu Desa Wisata. Yuk di Simak 5 Desa Wisata Menarik Di Indonesia.

Lihat juga: Open Trip

5 Desa Wisata Menarik Di Indonesia

 

Desa Wisata

Untuk mengetahui bermacam-macam Desa Wisata di Indonesia tentu kita harus tahu lebih dulu apa itu desa wisata. Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. ( Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal. 2-3). Jadi untuk membuat desa wisata itu setidaknya harus ada akomodasi dan kelebihan ataupun keunikan dari sebuah desa dan biasanya desa wisata itu di tentukan oleh pemerintah daerah. yuk kita simak saja beberapa desa wisata yang ada di Indonesia

 

1. Desa Penglipuran, Bali

desa-penglipuranDesa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Desa Penglipuran merupakan desa yang termasuk kedalam desa terbersih di dunia. Hal ini yang membuatnya menjadi salah satu desa wisata yang sangat dikenal di Bali. Desa Penglipuran juga pernah meraih predikat Juara II kategori Nasional setelah Desa Wisata Dieng Jawa Tengah. Desa Penglipuran yang berasal dari kata Pengling Pura yang berarti Tempat Suci sudah ada sejak 700 an tahun yang lalu. Desa Penglipuran juga merupakan pedesaan di Bali yang memiliki tatanan serta struktur desa tradisional yang teratur. Bangunan di Desa Penglipuran memiliki bentuk yang sama dan sejajar terlihat sangat presisi dan indah. Desa Penglipuran juga merupakan salah satu desa wisata yang dijadikan Derah Tujuan Wisata(DTW) di Kabupaten Bangli yang ditujukkan untuk para wisatawan mancanegara yang ingin melihat ciri khas dari Desa Penglipuran ini.

 

2. Kawasan Wisata Dieng Kulon, Jawa Tengah

desa-wisata-diengMerupakan salah satu tujan wisata di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata alam dan budaya yang menarik dan dilirik wisatawan. Desa Wisata yang berada di wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya
berbatasan dengan Desa Pranten Kab. Batang di sebelah Utara, sebelah Timur dan Selatan berbatasan dengan Desa Dieng Wetan dan Sikunang
kab. Wonosobo. Dieng Kulon memiliki luas sekitar 337.846Ha dengan landscape dominan adalah perbukitan yang sebelumnya merupakan kawasan konservasi namun kini sebagian sudah
disulap” sebagai kebun kentang. Ada sekitar 163.603 ha untuk areal pertanian dan masih tersedia area hutan lindung 186.9 Ha. Secara spesifik, Desa Dieng Kulon berada di ketinggian 2093 mpdl. Berjarak sekitar 55 km menuju kota Banjarnegara. Adapun beberapa tempat menarik yang ada di Desa Wisata Dieng Kulon ini yaitu. Telaga Bale Kembang, Komplek Candi, Kawah Sikidang, Gasiran Aswotomo, Sendang Sedayu dan Sendang Maerkoco, Telaga Semerup.

 

3. Desa Wisata Bejiharjo, Gunung Kidul

desawisata-bejiharjoDesa Bejiharjo terletak di Kecamaan Karangmojo, Kabupaten Gunung kidul, yang berjarak 5 Kilometer dari Pusat kota Wonosari. Desa yang memiliki potensi warisan seni dan budaya yang beraneka ragam ini pernah mendaatkan predikat Desa Wisata Terbaik Tahun 2012 oleh menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dari sisi alam kamu akan diajak untuk menyusuri goa, karena diwilayah ini terdapat banyak goa yang bisa dijadikan wisata petualangan anda diantaranya Goa pindul, goa Glatik, goa Banyumoto, telaga Mriwis putih, sendang sumurup. Dari sisi sejarah kamu dapat mempelajari adalah Situs Megalitikum Sokoliman (sejarah Manusia Purba). Dan juga Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman yang merupakan monumen penanda peristiwa pengeboman desa bejiharo yang merupakan rute kisah perjalanan pejuang monumen, bejiharjo, dewi bejokemerdekaan yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman pada waktu agresi militer Belanda pertama tanggal 21 Juli 1947. Selain itu kamu juga bisa melakukan kegiatan asik yaitu River Tubing di goa Pindul.

 

4. Kampung Bena, Nusa Tenggara Timur

desa-wisata-benaKampung Bena adalah salah satu perkampungan megalitikum yang terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, sekitar 19 km selatan Bajawa. Kampung yang terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie. Keberadaannya di bawah gunung merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa. Kampung ini saat ini terdiri kurang lebih 40 buah rumah yang saling mengelilingi. Pintu masuk kampung hanya dari utara. Sementara ujung lainnya di bagian selatan sudah merupakan puncak sekaligus tepi tebing terjal.Ditengah-tengah kampung atau lapangan terdapat beberapa bangunan yang mereka menyebutnya bhaga dan ngadhu. Bangunan bhaga bentuknya mirip pondok kecil Kampung Bena ini merupakan daerah tujuan wisata darri wisatawan mancanegara. Salah satu negara luar yang sering mengirimkan wisatawan nya adalah Jerman dan Italia.

 

5. Desa Wisata Munduk, Bali

desawisata-mundukDesa Munduk berada di Pulau Bali tepatnya Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Desa MAnduk biasa disebut “Desa Atas Awan di Bali” karena memang desa iti terletak di ketinggian sekitar 900 Mdpl. Desa yang berada di dataran tiggi Pulau Bali ini pun memiliki udara yang sangat segar dan asri, tanah di desa manfukpun cukup subur untuk bercocok tanam. Perkebunan di desa ini sendiri luasnya hingga sekitar 1.000 hektar, sama dengan luas hutannya. Desa Manduk Mulai dikenal pada awal 1990an, perintisnya Nyoman Bagiarta, bekas kepala Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata di Denpasar. Di Desa Munduk kamu bisa berkeliling kebun warga, mulai dari kebun kopi, teh dan cengkeh khas pegunungan, udaranya yang sejuk pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama disini. Apalagi ketika musim panen kopi dengan mudah kamu bisa melihat orang memetik biji kopi, merendamnya dalam sebuah koli plastik untuk difermentasi, menjemur, dan menggorengnya. Di Desa Munduk juga terdapat Air Terjun yaitu Air Terjun Malenting. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Perjalanan menuju air terjun kamu akan melewati perkebunan warga. Sesampainya di Air Terjun Melanting kamu akan disajikayangn pemandangan alamyang indah dan masih alami sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Follow: Facebook   Instagram